Berapa Liter Konsumsi Air Putih Yang Ideal Bagi Tubuh?

< 1 minute

Banyak yang mengatakan bahwa kita perlu mengonsumsi 2 liter air putih per hari Namun sayangnyapendapat tersebut dianggap kurang ideal.

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Selama ini, banyak orang yang menyarankan jumlah konsumsi air putih paling ideal adalah 8 gelas per hari dengan ukuran 200 ml per gelas atau 2 liter air per hari. Tapi, sudah tepatkah anjuran tersebut?

Menurut Institute of Medicine Food and Nutrition Board, kebutuhan air putih pada dasarnya ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari usia, tingkat aktivitas, kondisi cuaca hingga jenis kelamin. Namun secara umum, 2 liter per hari merupakan jumlah minimal yang harus dikonsumsi. 

Selain itu, ada beberapa kondisi yang membuat konsumsi air putih kamu sedikit berbeda dengan kebanyakan orang, misalnya wanita hamil dan menyusui, orang dengan penyakit tertentu, seperti diabetes, diare, gagal ginjal, batu empedu,, dan kondisi lainnya.

Namun jika bicara tentang jumlah ideal konsumsi air putih per hari, bagi wanita sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,7 liter. Sementara untuk pria yang rata-rata membutuhkan air putih dengan jumlah yang lebih banyak, disarankan untuk mengonsumsi  3,7 liter air putih per hari. 

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang