Bugar Selama Berpuasa

2 min read

Agar tetap fit dan bugar selama berpuasa, kamu wajib menerapkan gaya hidup sehat dengan tetap berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, ada beberapa trik tambahannya dalam artikel ini.

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Waktu yang telah dinantikan oleh para umat muslim seluruh dunia akhirnya tiba. Di bulan puasa ini, selain persiapan mental yang kamu perlu siapkan juga adalah kondisi tubuh atau fisik kamu! Tentunya, kita harus tetap bugar selama berpuasa. Ingat, puasa bukan alasan kamu bermalas-malasan, atau malah kehilangan produktivitas. 

Nah buat yang sering dilanda ‘penyakit’ lemas, dan mendadak jadi jemaah rebahan selama berpuasa, berikut merupakan beberapa tips menjaga stamina biar kamu tetap bugar selama berpuasa.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Mencukupi cairan tubuh merupakan salah satu kunci utama menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa menyerang jika kamu mengabaikan kebutuhan konsumsi air putih, mulai dari sulit konsentrasi, badan lemas, sampai dehidrasi.

Tentu saja tidak dikonsumsi di siang hari, melainkan di malam hari, mulai dari berbuka puasa hingga waktu makan sahur. Kamu bisa menggunakan pola 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air putih. Caranya, 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas selama malam hari, dan 2 gelas saat makan sahur. 

  1. Cukup Istirahat 

Agar tubuh selalu bugar selama berpuasa, kamu harus pintar mengatur pola tidur. Pasalnya, sebelum masuk subuh kamu harus bangun untuk makan sahur. Jadi untuk mencukupi kebutuhan istirahat malam, sangat dianjurkan untuk tidur lebih awal. Idealnya, setelah shalat tarawih.

Setelah makan sahur, sebaiknya jangan tidur. Manfaatkan waktu tersebut untuk memperbanyak ibadah, dan olahraga sebelum mulai beraktivitas. Jika memungkinkan, sebaiknya ambil waktu 1-2 jam di siang hari untuk tidur. Jika tidak sempat, kamu tidur singkat selama 10-20 menit alias power nap

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Selain mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan  makanan bergizi, terutama sayuran dan buah-buahan, makanan tinggi protein, dan karbohidrat kompleks. 

Selain itu, hindari makanan yang bisa jadi masalah bagi kesehatan dan mengganggu aktivitas puasamu, terutama gorengan dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti fast food dan lainnya. Selain itu, batasi kopi, dan makanan pedas, terutama saat makan sahur.

  1. Olahraga

Banyak orang yang membatasi aktivitas fisik karena alasan sedang puasa. Padahal puasa bukan alasan untuk berhenti melakukan aktivitas fisik, termasuk olahraga. Justru sebaliknya, kamu harus berolahraga agar bugar selama berpuasa, sekaligus memastikan tubuhmu tetap fit. 

Namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan saat berolahraga selama bulan puasa, terutama penyesuaian waktu olahraga. Idealnya, selama berpuasa kamu bisa berolahraga di pagi, sore atau malam hari. Selain itu, jika memilih pagi atau sore hari, sebaiknya lakukan olahraga ringan. 

  1. Konsumsi Multivitamin

Untuk memastikan semua fungsi tubuh berjalan dengan baik, sekaligus untuk menjaga agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, kamu butuh asupan 13 jenis vitamin esensial, termasuk vitamin A, B, C, D, E, K, B12, dan vitamin B kompleks. 

Namun sebelum itu, pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan produk multivitamin terbaik yang dibutuhkan tubuhmu. Hal ini berlaku buat kamu yang punya penyakit kronis, seperti sakit maag, diabetes dan lainnya. Lakukan konsultasi seminggu sebelum berpuasa.

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang