Jangan Ditinggalkan. Ini Tips Olahraga Selama Puasa

2 min read

Puasa tidak harus menjadikan kamu malas-malasan. Selain wajib tetap beraktivitas seperti biasanya, kamu pun wajib tetap olahraga selama puasa. Tapi bagaimana caranya?

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Selama berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan apapun, baik itu air putih maupun makanan. Kondisi ini membuat banyak memutuskan untuk mengurangi berbagai aktivitas fisik dengan tujuan menghemat energi, termasuk ‘libur’ olahraga selama berpuasa. 

Padahal kalau kamu benar-benar niat berolahraga, tidak ada alasan untuk libur olahraga selama berpuasa. Justru sebaliknya, berolahraga saat sedang puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat menjaga kesehatan, memaksimalkan diet, dan membuat tubuh lebih bugar.

Berikut merupakan tips olahraga selama puasa agar tubuh tetap bugar, dan puasa jadi lebih lancar.

  1. Sesuaikan Waktu Olahraga

Terkait waktu terbaik untuk berolahraga, para pakar memiliki pendapat yang berbeda. Menurut Islamicity, kamu disarankan untuk berolahraga setelah berbuka, terutama setelah shalat tarawih. Hal ini disebabkan karena di kondisi tersebut perut sudah terisi, dan energi kamu sudah kembali.

Sementara menurut dr. Saptawati Bardosono, olahraga selama berpuasa bisa dilakukan di sore hari, atau lebih tepatnya 30-60 menit jelang berbuka. Namun, terlepas dari semua itu kamu sebenarnya bisa berolahraga kapan saja. Tinggal sesuaikan saja dengan kebugaran tubuhmu!

  1. Sesuaikan Jenis Olahraga 

Selain menyesuaikan waktu olahraga, jangan lupa untuk menyesuaikan jenis olahraga yang dipilih. Jika memilih olahraga di siang hari, atau mungkin pagi-pagi, kamu bisa memilih jenis olahraga dengan intensitas sedang hingga rendah, misalnya berjalan kaki, bersepeda atau jogging.

Jika memilih olahraga di malam hari, kamu cenderung lebih bebas memilih jenis olahraga. Namun lebih disarankan untuk memulai olahraga dengan intensitas sedang saja, setelah itu bisa mulai naik ke olahraga dengan intensitas tinggi. Hindari olahraga ekstrem yang bisa menguras energi secara berlebih. 

  1. Penuhi Asupan Yang Dibutuhkan

Agar bisa tetap olahraga selama berpuasa, kamu wajib memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa juga ya! Caranya cukup mudah, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tinggi, terutama protein, serat, vitamin dan karbohidrat kompleks. Selain itu, komposisi dari makanan-makanan tersebut juga harus seimbang. 

Hindari makanan yang bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan, seperti makanan tinggi lemak, makanan pedas dan lainnya. Jika memang dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsi multivitamin. Namun sebelumnya, pastikan dulu untuk berkonsultasi dengan dokter.

  1. Cukupi Kebutuhan Air

Selama berolahraga, kamu akan banyak mengeluarkan keringat. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi, terlebih jika selama berbuka puasa dan makan sahur, kamu tidak mengonsumsii air putih dalam jumlah yang cukup. 

Tidak ada jumlah pasti berapa kebutuhan air putih yang wajib kamu konsumsi. Namun setidaknya kamu wajib meminum 2 liter air putih atau 8 gelas per hari, dengan pola 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas selama malam hari, dan 2 gelas sisinya saat makan sahur, atau sebelum memasuki waktu imsak.

  1. Perhatikan Jam Tidur

Inilah yang terkadang banyak diabaikan. Dengan alasan tanggung jelang makan sahur,  banyak orang yang memilih untuk begadang semalam suntuk, dan memilih tidur di siang hari. Jelas ini tidak baik bagi kesehatan, terlebih jika rutin dilakukan sebulan penuh. 

Agar waktu tidur tetap terpenuhi, dan tetap bisa olahraga selama berpuasa, kamu bisa mengatur jadwal seperti, pulang shalat tarawih langsung olahraga hingga jam 9 malam. Setelah itu istirahat hingga jam 10 malam, dan setelah itu langsung tidur. Kemudian di siang hari, kamu juga bisa luangkan waktu istirahat atau tidur selama 1-2 jam.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang