Kolesterol Tinggi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

2 min read

Kolesterol tinggi tidak hanya lagi menjadi masalah bagi generasi tua saja, tetapi juga padaa anak muda di usia produktif. Sebelum itu terjadi, yuk tangkal kolesterol dengan trik berikut ini!

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Masalah kolesterol tinggi kini bukan hanya jadi masalah mereka yang sudah berusia tua, mereka yang masih muda pun bisa terkena masalah ini. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian terbaru, termasuk penelitian dari tim peneliti Universitas Texas Southwestern Medical Center.

Faktor gaya hidup merupakan penyebab utama masalah kolesterol yang diderita banyak anak muda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut merupakan beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi.

  1. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Selain mengandung serat tinggi, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL), atau sering dikenal juga dengan istilah kolesterol jahat. Kamu disarankan setidaknya mengkonsumsi 500 gram buah dan sayur per hari. 

Agar hasilnya lebih maksimal, perhatikan cara mengolah buah dan sayuran. Untuk buah-buahan, sebaiknya dikonsumsi secara utuh, atau bisa juga diolah jadi jus buah tanpa tambahan gula. Sementara untuk sayuran, bisa dikonsumsi mentah, atau diolah dengan cara dikukus. 

  1. Perbanyak Serat Larut

Serat larut tidak hanya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, tapi juga untuk mengikat kolesterol jahat, dan mengeluarkannya bersama kotoran. Untuk mendapatkan kandungan serat larut, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti ubi jalar, alpukat, lobak, brokoli, pir, gandum, dan lainnya.

Selain itu, agar lebih cepat menurunkan kolesterol tinggi, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen atau minuman dengan kandungan serat larut beta glucan dan inulin. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mencari suplemen serat larut yang mengandung vitamin B1 dan B2.

  1. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega-3 pada dasarnya merupakan lemak yang berfungsi meningkatkan jumlah high density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik. HDL ini musuh alami LDL, sehingga mengonsumsi omega-3 dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah dengan sangat efektif.

Sumber omega-3 sendiri cukup banyak. Secara alami kamu bisa mendapatkannya dalam beberapa jenis ikan, seperti ikan makarel, salmon, tuna dan sarden. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan kandungan omega-3 dari kacang kenari, chia seed, atau bisa juga dengan konsumsi suplemen omega-3.

  1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga pun bisa membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan kekuatan fisik, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan memangkas kolesterol dalam darah.

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, kamu disarankan untuk berolahraga, setidaknya 30 menit per hari. Mulailah dengan olahraga ringan, seperti berjalan cepat, jogging, atau bersepeda. Selain itu, ada beberapa jenis olahraga yang terbukti mampu meningkatkan performa jantung, salah satunya aerobik.

  1. Berhenti Merokok

Inilah sumber masalah dari semua penyakit akut yang banyak diidap anak muda. Rokok tidak hanya berbahaya untuk jantung, tapi juga mampu mengganggu keseimbangan kadar kolesterol baik dalam tubuh, menyumbat aliran darah, dan meningkatkan jumlah kolesterol jahat. 

Selain itu, merokok pun dapat mengganggu kesehatan kamu seperti impotensi, gangguan kehamilan, masalah janin, gangguan lambung dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, ketimbang kamu berhenti merokok disebabkan penyakit kronis, ada baiknya untuk kamu berhenti dari sekarang sebelum penyakit kronis menyerang kamu.

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang