Makanan Pendukung Untuk Pembentukan Massa Otot

2 min read

Cepat atau lambatnya pembentukan massa otot memang sangat ditentukan oleh program latihan yang kamu jalankan. Makin keras dan disiplin dengan program latihan yang dilakukan, maka hasil akhir yang didapatkan pun  akan jauh lebih maksimal. 

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Selain olahraga keras dan disiplin ternyata ada beberapa jenis makanan yang terbukti ampuh memaksimalkan proses pembentukan massa otot juga lho! Mau tahu makanan apa saja? Simak yuk pembahasannya berikut ini.

  1. Susu Rendah Lemak

Untuk memaksimalkan pembentukan massa otot, kamu butuh asupan protein sebanyak 10-35 persen dari total kalori yang dikonsumsi. Ada banyak sumber protein yang bisa dipilih, salah satunya susu rendah lemak yang kini tersedia dalam berbagai pilihan produk siap santap.

Tidak hanya protein, susu mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang menunjang proses pembentukan otot, seperti karbohidrat, kalsium, potasium, dan vitamin D. Kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak setelah sarapan pagi, setelah berolahraga, atau segelas susu hangat sebelum tidur.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang direkomendasikan untuk mempercepat pembentukan otot. Dilansir dalam Bicycling, penelitian membuktikan  proses pembentukan otot dengan konsumsi telur utuh dapat menghasilkan  hasil yang 40 persen lebih optimal dibanding dengan hanya mengonsumsi bagian putih telurnya saja.

Kamu disarankan untuk mengonsumsi  setidaknya 3 butir telur per hari. Agar nutrisi yang didapat lebih maksimal, sekaligus menurunkan resiko paparan bakteri, sebaiknya telur pun diolah dengan cara direbus. Kamu bisa menambahkan sumber protein lainnya sebagai pendamping.

  1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan pilihan terbaik untuk memaksimalkan asupan protein. Selain rendah lemak, dada ayam pun mengandung protein yang sangat tinggi. Kamu disarankan untuk mengonsumsi dada ayam setidaknya 1 ons per hari, atau setara dengan ukuran setengah telapak tangan orang dewasa. 

Untuk kandungannya sendiri, dalam 100 gram dada ayam, kamu bisa mendapatkan sekitar 30 gram protein. Namun agar nutrisinya bisa diserap lebih maksimal, sebaiknya  dada ayam diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipepes dengan tambahan rempah-rempah, seperti kunyit, kemangi, dan lainnya. 

  1. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan premium yang terbukti punya banyak manfaat, diantaranya adalah  tinggi protein dan asam lemak omega-3.Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengkonsumsi ikan salmon, salah satunya dapat membantu memaksimalkan pembentukan massa otot. 

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon terbukti efektif menurunkan kolesterol, dan mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke dan lainnya. Sama seperti konsumsi dada ayam, kamu disarankan mengolah salmon dengan cara dikukus, dipepes, atau direbus.

  1. Kacang-kacangan

Banyak yang menyangka jika orang yang sedang menjalankan program pembentukan massa otot dilarang memakan camilan. Anggapan ini kurang tepat, justru sebaliknya, kamu disarankan untuk memakannya sebagai makanan sela, sekaligus sebagai sumber nutrisi tambahan. 

Namun bukan camilan biasa, kamu harus mengonsumsi  makanan yang mengandung nutrisi lengkap, terutama yang mengandung protein tinggi, seperti kacang-kacangan. Misalnya kacang mete, kacang kedelai dan olahannya, kacang tanah, kacang polong dan lainya. 

Agar hasil yang didapat lebih maksimal, kamu disarankan mengonsumsi kacang-kacangan yang diolah dengan cara direbus, atau di panggang. Hindari mengolah kacang dengan tambahan garam berlebih.

Selain disiplin menjalankan program latihan, kamu pun disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang terbukti dapat membantu memaksimalkan pembentukan massa otot, terutama makanan dengan kandungan protein tinggi. 

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang