Makanan Sehat Untuk Sehari-hari Yang Wajib Kamu Konsumsi

2 min read

Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup, selain rutin berolahraga selama 30 menit per hari, kamu pun wajib mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat untuk sehari-hari berikut ini.

Image source:  https://www.pxfuel.com/en/free-photo-jmzbz

Belakangan ini makin banyak orang yang mulai peduli dengan kesehatan diri dan keluarganya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, mulai dari rutin berolahraga hingga mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

Konsumsi makanan sehat sendiri terbukti dapat menurunkan risiko serangan penyakit serius, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. Untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita, berikut merupakan beberapa makanan sehat untuk sehari-hari yang wajib kita konsumsi setiap hari.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Selain mengandung serat, umumnya sayuran hijau pun mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, C, K, magnesium, zinc, folat, kalium, dan kalsium. 

Selain itu, beberapa sayuran hijau pun diketahui mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun perlu diingat, sayuran hijau sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus, atau bisa juga dikonsumsi langsung sebagai lalapan. 

  1. Buah-buahan

Buah-buahan masuk dalam kategori makanan sehat untuk sehari-hari karena kandungan vitaminnya yang sangat tinggi, terutama vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah-buahan pun mengandung serat yang cukup tinggi, kalium, vitamin B kompleks, dan lainnya. 

Selain dikonsumsi langsung, buah-buahan biasanya dikonsumsi dengan cara diblender atau diolah menjadi bahan makanan seperti cake, jus, rujak, dan lainnya. Namun dari semua cara pengolahan tersebut, buah-buahan disarankan dikonsumsi langsung, atau dijus tanpa gula tambahan.

  1. Daging dan telur

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, kamu disarankan untuk mengonsumsi protein sebanyak 46-50 gram per hari. Kamu bisa mencukupi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi  beberapa sumber protein, seperti daging merah, daging unggas, ikan, dan telur sebagai sumber utama protein hewani.

Selain itu, kamu bisa mendapat sumber protein tambahan dari susu, keju, beberapa jenis kacang-kacangan, dan jamur. Selain protein, bahan-bahan tersebut pun mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti kalsium, kalsium, zat besi, lemak dan berbagai nutrisi penting lainnya. 

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti kacang mete, kacang kedelai, kacang hijau, dan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya,  merupakan sumber protein nabati yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa menggunakannya sebagai selingan, atau sebagai pendamping daging, telur dan ikan. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengonsumsi biji-bijian beras seperti gandum utuh, beras merah, beras ketain, dan lainnya sebagai sumber karbohidrat. 

  1. Ikan dan makanan laut lainnya

Ikan sebenarnya masuk dalam kategori protein. Kamu bisa memakannya sebagai pengganti atau pendamping dari daging dan telur. Namun selain itu, ikan ternyata punya manfaat tambahan yang tidak dimiliki oleh sumber protein lainnya, yakni sebagai sumber utama asam lemak omega-3 dan iodium. 

Selain baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja otak, beberapa penelitian membuktikan jika konsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, seperti ikan tuna, makarel, sarden dan lainnya, cenderung dapat membuat kamu lebih panjang umur.

Untungnya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki wilayah perairan luas dan tanah subur, sehingga makanan sehat sehari-hari dapat dengan mudah kita dapatkan!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang