Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Latihan Singkat

2 min read

Menjaga kesehatan jantung sebenarnya hal yang sederhana. Selain menjauhi stres dan makanan yang buruk, kamu pun bisa menjaganya dengan rutin melakukan latihan singkat ini.

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Jantung merupakan salah satu organ penting yang bertugas untuk memompa darah keseluruh tubuh. Darah sendiri berperan sebagai pembawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan kata lain, jantung bisa disebut sebagai sumber kehidupan.

Maka dari itu, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung. Berikut merupakan beberapa latihan singkat yang dipercaya dapat menjaga, dan meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Aerobik

Dilansir dalam Hopkins Medicine, aerobik merupakan aktivitas fisik yang efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, mengontrol tekanan darah, menjaga detak jantung tetap optimal, meningkatkan fungsi pernapasan, dan membantu menurunkan denyut jantung.

Aerobik sendiri sebenarnya bukan olahraga yang bersifat khusus, seperti senam yang selama ini kita kenal. Ada banyak aktivitas yang masuk dalam kategori olahraga aerobik, seperti jogging, jalan cepat, lompat tali, mendayung, dan bersepeda. Coba lakukan olahraga ini rutin selama 10 menit per hari.

  1. Peregangan atau Stretching

Peregangan atau stretching biasa dilakukan sebelum mulai berolahraga. Sesuai dengan namanya, stretching berfungsi untuk meregangkan dan melemaskan otot, sehingga kamu lebih siap memulai olahraga, atau aktivitas lainnya dengan intensitas tinggi. 

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology, stretching bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, penurunan potensi cedera, dan juga untuk meningkatkan jangkauan gerak setelah berolahraga. Lakukan stretching selama 10-15 menit di pagi hari sebelum beraktivitas.

  1. Yoga

Gerakan dalam Yoga memang tidak seintens olahraga aerobik. Namun jangan salah, beberapa penelitian menyebut jika latihan yang terfokus pada olah pernafasan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kestabilan dan fleksibilitas tubuh.

Selain itu, Yoga bermanfaat untuk menjaga aliran darah tetap lancar, menjaga tekanan darah, dan meredakan stres. Ada beberapa gerakan Yoga yang secara spesifik bermanfaat untuk jantung, diantaranya Mountain Pose, Tree Pose, Triangle Pose, Warrior Pose dan lainnya. 

  1. Tai Chi

Tai Chi sebenarnya jenis gerakan beladiri yang berasal dari Tiongkok kuno. Namun, belakangan ini mulai dikembangkan jadi bagian dari olahraga dengan segudang manfaat termasuk melancarkan sistem pernafasan, menyehatkan jantung, meredakan stres, dan menjaga elastisitas tubuh.

Hampir sama dengan Yoga, gerakan dalam Tai Chi tergolong lambat dan lebih banyak terfokus kepada olah nafas. Meski dikenal sebagai olahraga yang banyak digeluti para lansia, namun anak muda seperti kamu pun bisa menjajal olahraga ini.

  1. Zumba

Pada dasarnya olahraga zumba hampir sama dengan senam aerobik. Hanya saja, gerakan yang ada di dalamnya jauh lebih intens. Banyak ahli yang percaya zumba mampu membakar 1.000 kalori hanya dalam waktu 1 jam. Inilah yang membuat zumba banyak dipilih sebagai latihan untuk menurunkan berat badan. 

Olahraga ini pun termasuk dalam jenis olahraga sederhana, yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika ingin lebih seru, dan mendapatkan gerakan yang baik dari instruktur berpengalaman, kamu bisa bergabung dengan kelas zumba terdekat.Menurut American Heart Association, untuk menjaga kesehatan jantung, setidaknya kamu hanya memerlukan waktu selama 150 menit per minggu untuk melakukan olahraga ringat, atau 75 menit per minggu untuk melakukan olahraga berintensitas tinggi. Tapi ingat ya, untuk lakukan semua ini secara bertahap!

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang