Olahraga Daring, Solusi Bugar di Tengah Pandemi

3 min read

Menjaga kebugaran selama masa pandemi kini bukan halangan lagi. Kamu bisa mengikuti kelas olahraga online. Mau tahu apa saja yang harus disiapkan? Langsung aja baca artikel yang satu ini!

Selama masa pandemi, hampir semua aktivitas yang melibatkan banyak orang, dan penggunaan alat yang bersifat umum, dibatasi atau bahkan dilarang. Salah satu yang dibatasi adalah kegiatan olahraga di gym atau pusat kebugaran, terutama yang belum mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.Tentu ini bukan kabar baik, terlebih buat kamu yang rutin berolahraga. Biasanya akan ada perasaan tidak nyaman di tubuh jika berhenti berolahraga. Hal inilah yang kemudian mendorong peningkatan tren olahraga daring, terutama dari mereka yang tetap ingin ‘bergerak’ tanpa harus keluar rumah. 

Image Source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-owoug

Apa Itu Olahraga Online?

Pada dasarnya olahraga online sama seperti aktivitas online lainnya, seperti work from home, atau pelatihan online. Artinya, kamu bisa tetap berolahraga dari rumah dengan memanfaatkan fasilitas video-on-demand (VOD) ataupun kelas olahraga live-streaming. Dalam prakteknya, kamu hanya perlu mengikuti instruksi dari pelatih, mulai dari panduan melakukan gerakan, hingga alat-alat yang digunakan. Tidak ada bedanya dengan latihan di gym, hanya saja dalam prakteknya kamu dan pelatih berada di tempat yang terpisah. 

Menurut Survei Konsumen Indonesia yang dilakukan oleh McKinsey, tren olahraga online di Indonesia memang mengalami peningkatan sejak masa pandemi. Bukan hanya mereka yang terbiasa nge-gym, olahraga online pun mulai diminati oleh mereka yang sebelumnya tidak pernah atau jarang berolahraga.

Kondisi ini berbanding lurus dengan peningkatan kepedulian masyarakat terkait olahraga. Mereka percaya jika olahraga yang baik akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga tubuh dari infeksi COVID-19. 

Jenis Olahraga Online Terbaik

Pada dasarnya hampir semua jenis olahraga yang bisa dilakukan di gym atau pusat kebugaran, bisa juga dilakukan di rumah. Namun, jika perlengkapan olahraga yang kamu miliki cukup terbatas ada beberapa kelas olahraga yang bisa kamu ikuti, diantaranya: 

  1. Zumba, yaitu  olahraga yang tidak butuh banyak perlengkapan, namun punya manfaat tinggi, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk jantung.
  2. Yoga, olahraga yang memadukan unsur meditasi dan fleksibilitas tubuh. Olahraga ini sudah cukup lama dipercaya dapat meredakan stres dan baik menjaga elastisitas tubuh.
  3. Pilates, jenis olahraga yang mampu mengembangkan kekuatan inti tubuh, fleksibilitas dan stabilitas tubuh. Olahraga ini cocok buat kamu yang ingin punya perut indah. 
  4. HIIT, yaitu olahraga high intensity interval training yang berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme, memperkuat imun dan baik untuk membakar lemak.
  5. Aerobik, gerakan senam yang dilakukan secara berkesinambungan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, membakar lemak dan lainnya.
Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Selain itu, ada juga beberapa kelas olahraga online yang bisa kamu pilih sesuai dengan passion dan kebutuhan. Namun jika olahraga tersebut menggunakan peralatan tambahan yang bersifat khusus, pastikan kamu sudah memiliki perlengkapannya sendiri di rumah.

Tips Aman Olahraga Online

Olahraga online selain  mudah dilakukan pun juga tidak kalah menyenangkan. Kamu bahkan masih bisa bercengkrama atau bersenda gurau dengan teman-teman, seperti layaknya sedang berada langsung di pusat kebugaran. Namun sebelum itu, pastikan untuk memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Jangan lupa untuk mempersiapkan ruang latihan yang aman dan nyaman. Minimalnya, pastikan lantai di rumah tidak licin dan siap menunjang pergerakana selama berolahraga.
  2. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan olahraga yang sesuai dengan fungsinya. Jangan sampai kamu terlalu kreatif, hingga akhirnya mengabaikan unsur keamanan. 
  3. Pastikan untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga. Ini penting untuk menghindari cedera, sekaligus memaksimalkan hasil latihan. 
  4. Jaga kebutuhan cairan selama berolahraga. Ini sangat penting dan cukup mendasar, mengingat kekurangan cairan bisa menyebabkan banyak dampak buruk bagi kesehatan.
  5. Meski di rumah, kamu harus bisa mengontrol waktu latihan, jadi tidak boleh terlalu diforsir ya!Selalu sediakan waktu untuk tubuhmu memulihkan diri. 

Dengan trik-trik tersebut, olahraga daring di rumah bisa terasa lebih menyenangkan, sekaligus membuat kamu bugar tanpa harus keluar rumah.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang