Bakar Kalori Dengan Cepat Dengan Lakukan Gerakan Ini

3 min read
https://www.pxfuel.com/en/free-photo-osfvh

Kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh menjadi faktor utama kenaikan berat badan dan obesitas. Hal ini memengaruhi estetika image seseorang. Siapapun pasti mendambakan berat dan bentuk tubuh yang ideal serta sehat. 

Kebanyakan orang cenderung mencari cara instan untuk menurunkan berat badan seperti dengan mengonsumsi obat diet yang bahayanya justru lebih sering memakan korban daripada memberikan hasil yang diharapkan. Kesibukan dan keterbatasan akan waktu luang untuk berolahraga membuat banyak orang akhirnya memilih cara yang dianggapnya efektif, lebih cepat dan mudah saja tanpa memikirkan risiko kesehatan yang harus dihadapi di kemudian hari.

Bukan hal yang tidak mungkin untuk menurunkan berat badan dengan cara aman dan alami, selama kamu mau berkomitmen pada kegiatan-kegiatan yang membantumu membakar kalori dan lemak. Diet ketat juga bukan hal yang paling efektif untuk membuat tubuhmu ideal, indah dan sehat. Mungkin diet ketat bisa membuat berat badanmu berkurang tetapi diiringi dengan beberapa penyakit yang dapat jadi menghantui, terutama dengan  berkurangnya beberapa jenis zat gizi di dalam tubuhmu. Merubah pola hidup, pola makan dan olahraga adalah kunci utamanya. Lakukan dengan integritas tinggi dan kamu akan memetik hasilnya!

Ubah kebiasaanmu sebelum melakukan latihan gerakan yang sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dengan lebih banyak lagi.

  • Makanlah sedikit tetapi lakukan sesering mungkin , 2 – 4 jam sekali. Ini karena metabolisme dan penyerapan sari makanan di dalam tubuhmu terus berproses dengan menggunakan kalori sebagai bahan bakarnya. Sehingga kalori yang dibakar lebih besar.
  • Daripada minuman bersoda, ganti minumanmu dengan kopi dan teh hijau/hitam; Kafein di dalam minuman tersebut memberikan stimulus kepada tubuh untuk lebih banyak membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Karena kafein memberikan banyak energi untuk membantu pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh dan juga merubah pola metabolisme dalam tubuh. 
  • Mengonsumsi rempah seperti kayu manis yang dicampur dengan air hangat sebanyak setengah sendok teh per hari dipercaya dapat meningkatkan kinerja metabolisme dan menjaga kadar gula dalam darah

Olahraga yang efektif membakar kalori

Sebenarnya semua jenis kegiatan gerak tubuh dan olahraga memiliki manfaat dalam membantu membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Syarat utamanya adalah jika dilakukan dengan maksimal, hati senang dan berkesinambungan. 

Berikut adalah beberapa gerakan yang terbilang mudah dan menyenangkan namun mampu melakukan pembakaran yang sangat efektif:

High Intensity Interval Training

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Muarif Arhas Putra, dkk dalam jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (2018) menyatakan bahwa High Intensity Interval Training (HIIT)  lebih efektif membakar lemak dan kalori dalam tubuh kita dibanding dengan latihan kardio biasa. HIIT adalah latihan fisik yang memiliki pola pengulangan sebagai landasannya dan seluruh bagian gerakannya mengandung intensitas yang tinggi. 

HITT yang dilakukan selama kurang lebih 5 sampai 8 menit mampu membuat jantung berdetak 80% – 95% dari batas maksimal irama jantung dan detak jantung tanpa melakukan gerakan yang berlebihan. Salah satu contoh kegiatannya adalah lari santai, jalan cepat yang diselingi dengan jalan santai atau bersepeda. Strategi utamanya adalah rentang waktu dalam satu sesi yang diulang secara konstan. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kegiatan ini bisa menjadi pilihan. Karena menurut riset, melakukan olahraga HIIT selama 7 menit saja sudah efektif untuk kamu!

Jumping squat

Squat jump bisa kamu praktekkan sendiri dengan perlahan dan diselingi dengan istirahat jika belum terbiasa dengan gerakannya. Caranya simpel sekali, kamu hanya perlu berjongkok dan melompat setinggi mungkin. Lakukan ini selama 15 detik dan kemudian beristirahat. Tingkatkan waktunya secara bertahap sesuai kemampuan fisikmu. Gerakan ini dikenal efektif untuk membakar lemak dan kalori terutama pada bagian pinggul.

Step Up

Gerakan yang dilakukan dengan naik dan menuruni satu anak tangga saja selama berulang-ulang selama 15 detik lalu beristirahat. Sama seperti gerakan jump squat, dalam gerakan ini kamu dapat meningkatkan durasinya secara bertahap dengan memperhitungkan kondisi fisikmu juga.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang