Jangan Anggap Remeh, Ini Bahayanya Malas Berolahraga

3 min read
Image Source : https://www.freepik.com/free-photo/woman-with-mobile_937116.htm#page=1&query=lazy%20workout&position=3

Menjaga badan agar tetap sehat dan bugar serta memperhatikan pola makan sehat dan istirahat nyatanya tak cukup, sebab tubuh juga memerlukan olahraga yang rutin. Sangat disayangkan jika kamu banyak melewatkan waktu untuk melakukan aktivitas gerak badan hanya karena malas dan merasa lelah setelah seharian bekerja di kantor.

Bermalas-malasan saat libur kantor dengan berbaring di kamar atau di depan TV yang ditemani sejumlah cemilan, memang terdengar menggiurkan dan  menyenangkan. Tetapi disarankan untuk tetap meluangkan waktu untuk menggerakkan badan dan berolahraga. Jangan afirmasi diri untuk terlalu lelah berlatih, karena faktanya olahraga tidak membuat badan menjadi kelelahan tetapi justru sebaliknya. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan meningkatkan kualitas kulit menjadi lebih awet muda. 

Rutinlah berolahraga setiap hari guna menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan lemak yang masuk kedalam tubuh dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang dengan durasi 150 menit per minggu. Atau 75 menit dalam satu minggu jika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. 

Cobalah luangkan waktu untuk berolahraga, karena ternyata banyak juga lho dampak buruk pada kesehatan jika kamu malas melakukannya, diantaranya seperti berikut :

  1. Melambatnya proses metabolisme dalam tubuh dan timbulnya obesitas

Kurang menggerakan badan secara aktif membuat lemak dalam tubuh menjadi menumpuk. Sedikit demi sedikit tumpukan lemak yang tidak diolah oleh tubuh menjadi semakin banyak. 

Hal ini juga mempengaruhi ritme kerja metabolisme pada saat mengolah makanan di dalam perut. Seseorang yang metabolismenya lambat karena kurang gerak dan olahraga akan merasa mudah lapar dan tergoda untuk makan. Akibatnya berisiko mengalami peningkatan berat badan atau obesitas. Obesitas sendiri terbukti bisa meningkatkan risiko terkena penyakit lain.

  1. Mudah lelah

Kamu akan merasa mudah lelah jika kurang berolahraga. Hal ini dikarenakan tubuh tidak biasa diolah sehingga otot-otot tubuh menjadi tidak terlatih untuk melakukan kegiatan secara rutin. Otot tidak lagi mengandung massa otot yang kuat, tetapi mengendur dan berganti dengan massa lemak. Sehingga aktivitas yang bahkan sangat kecil pun bisa membuat cepat merasa lelah. 

  1. Mudah terserang kanker dan osteoporosis

Kurang berolahraga juga akan mengundang banyak penyakit berbahaya. Diantaranya seperti  beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker perut, kanker otak, kanker kulit bahkan kanker sumsum tulang belakang. 

Selain itu kurang  mengolah fisik juga bisa memperbesar risiko terserang  penyakit  osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini karena tulang yang melemah sehingga bisa melemaskan otot di sekitar tulang.

  1. Insomnia

Insomnia atau gangguan sulit tidur dapat terjadi pada orang yang malas berolahraga. Kalaupun bisa tidur, biasanya kualitas tidurnya tidak bagus bahkan sulit untuk bisa tidur nyenyak. Efeknya rasa lelah di pagi hari saat bangun tidur. Hal ini disebabkan tubuh yang jarang bergerak sehingga menyimpan banyak energi cadangan yang berefek pada kesulitan tidur. 

  1. Mudah terserang penyakit kronis

Penyakit kronis yang bisa menyerang akibat dampak kurang gerak tubuh adalah penyakit gula tipe 2, stroke, kerusakan ginjal dan penyakit jantung. Data WHO (World Health Organization ) menyebutkan bahwa angka kematian di dunia mencapai 2 juta per tahun akibat gaya hidup masyarakat yang tidak aktif.

  1. Kerusakan fungsi otak

Penuaan dini terjadi pada orang-orang yang kurang melakukan gerakan kebugaran tubuh. Tak hanya terjadi pada fisik yang terlihat, penuaan dini juga bisa terjadi pada otak sehingga fungsi kognitif otak menurun. Penyakit-penyakit yang umum terjadi akibat penurunan fungsi otak diantaranya seperti Alzheimer dan demensia. 

Dengan semua risiko diatas, mulai kini kamu harus lebih semangat untuk melakukan olahraga rutin. Jika kamu terkendala karena sulitnya mencari informasi mengenai sasana olahraga yang bagus di sekitarmu, cobalah gunakan aplikasi olahraga dirumah via DOOgether.

DOOgether memberikan informasi serta referensi mengenai berbagai macam tempat olahraga di sekitarmu secara valid dengan harga terjangkau. DOOgether juga memungkinkan kamu melakukan booking online dengan berbagai metode pembayaran yang aman dan mudah. Praktis bukan?

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang