Manfaat Senam Irama Yang Wajib Kamu Ketahui

2 min read
Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/silhouettes-sportive-women-dancing-zumba-near-sea-sunrise_9320821.htm?query=zumba

Senam irama atau senam ritmik termasuk dalam kategori senam aerobic yang terdiri dari bagian pemanasan, gerakan inti dan bagian pendinginan. 

Kita akan merasa senang jika ikut melakukan senam ini karena gerakan gerakannya dipadukan dengan iringan musik dan tarian. Senam ini bisa dilakukan secara perorangan atau bersama-sama dalam satu kelompok dan begitu populer di kalangan masyarakat kita. 

Banyak kantor, pabrik dan instansi pemerintah menjadikannya hal yang  rutin dilakukan pada pagi hari sebelum melaksanakan aktivitas kerja. Atau aktivitas rutin pagi satu kali dalam satu minggu, yang biasanya digelar pada hari Jumat.

Apa saja manfaat Senam Irama?

Karena memiliki unsur-unsur ketepatan irama, keluwesan/kelenturan dan kesinambungan gerakan maka senam ini berguna untuk melatih kelenturan, kelincahan dan ketangkasan serta daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Melatih Keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama yang memerlukan latihan keseimbangan memperbaiki postur tubuh dan memperkecil resiko pembengkokan pada tulang belakang.

Melatih Kekuatan Otot

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada senam ini melatih otot-otot tubuh menjadi lebih lentur dan kuat,  jangkauan gerak tubuh semakin meningkat. Hal ini mencegah tubuh mengalami cedera dan kaku pada saat melakukan kerja berat.

Membakar Kalori dan lemak

Kalori dan lemak dalam tubuh yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Senam irama dengan gerakan-gerakannya yang dinamis mampu membantu tubuh untuk membakar kalori dan lemak yang berlebih. Ketika melakukan senam ini, tubuh bergerak terus menerus dan nyaris tidak terputus dari gerakan senam yang satu berlanjut ke gerakan yang selanjutnya. Sehingga jika dilakukan secara rutin akan terjadi pembakaran  yang berkelanjutan dan kamu akan memiliki berat badan yang ideal.

Membuat Fungsi Otak Menjadi Optimal

Gerakan yang berirama dengan iringan musik diklaim mampu menjaga dan membuat fungsi otak menjadi optimal karena dapat menurunkan kadar hormon yang menjadi pemicu stres yaitu hormon kortisol dan hormon epineprin dan digantikan dengan hormon norepinefrin yaitu hormon anti depresi. Di samping itu, kita juga akan terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti alzheimer.

Mencegah Stres

Dengan mendengarkan musik dan berinteraksi dengan orang-orang yang ikut senam bersama, pusat saraf dalam tubuh mulai memproduksi dan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini serupa dengan morfin yang dihasilkan secara alami oleh tubuh dan berguna untuk memicu perasaan positif dan mengurangi rasa sakit.

Memperbaiki Bentuk Fisik

Jika kamu merasa bahwa beberapa bagian tubuhmu seperti lengan, betis dan paha terlihat kurang bagus, bergelambir dan kendur akibat kurang gerak, maka lakukan senam ini secara teratur. Bentuk tubuh secara perlahan akan berubah menjadi terlihat lebih baik. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan pada senam ini berfungsi untuk mengencangkan otot dan membakar semua lemak yang berlebih.

Menyehatkan Jantung

Senam ritmik dengan gerakan yang mengikuti alunan irama musik yang mengiringinya. Jika musik dengan tempo lambat maka gerakan yang dilakukan juga ikut melambat mengedepankan keluwesan tubuh. Juga sebaliknya, jika musik bertempo cepat maka cepat pula gerakan yang dilakukannya mengandalkan kelincahan. Keseimbangan gerakan pelan dan cepat seperti ini bagus untuk latihan jantung dan membuat jantung menjadi sehat.

Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan senam irama secara rutin. Jika kamu ingin mencoba tetapi belum tahu bagaimana cara dan gerakan-gerakannya yang benar, kamu dapat membuka aplikasi DOOgether yang tersedia pada Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi ini dapat membantu kamu mempraktikkan senam ini di rumah dengan cara yang benar sambil menonton video tutorial yang tersedia  secara gratis. Selamat mencoba!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang