Olahraga Santai Untuk Menghilangkan Stres

3 min read
Image Source : https://www.freepik.com/free-photo/young-asian-woman-listening-music-while-practicing-yoga-living-room_4691860.htm#page=1&query=relax%20workout&position=6

Kegiatan yang menjadi rutinitas sehari-hari sangat besar pengaruhnya akan timbulnya stres pada dirimu. Jangan biarkan dan berlarut-larut dalam kondisi ini, karena stres dapat mempengaruhi kondisi fisik dan perilaku selain kondisi mental menjadi buruk. 

Ketika merasa ada perasaan tertekan, artinya kamu mulai mengalami stres. Luangkan waktu untuk berolahraga dan lakukan olahraga santai yang bisa kamu kerjakan di rumah.

Olahraga dan Stres

Selain meningkatkan kesehatan dan kekuatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk anti stres. Menurut penelitian, tubuh mengeluarkan hormon beta endorfin ketika melakukan olahraga atau aktivitas fisik. 

Hormon beta endorfin yaitu neuropeptida yang tubuh kita hasilkan pada kondisi tenang atau rileks. Endorfin dihasilkan di susunan tulang belakang dan otak yang menjadi obat penenang alami penghilang stres, pereda rasa nyeri, meningkatkan nafsu makan, tekanan darah.

Dengan melakukan olahraga yang kamu senangi bahkan yang ringan sekalipun, kamu akan merasakan bahagia sehingga menghasilkan energi positif yang akan menghalau masalah dari pikiran kaju.

Olahraga apa saja yang bisa menjadi pilihan? Berikut beberapa pilihan untuk mengusir atau mencegah stress:

  1. Jalan kaki

Berjalan kaki salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan, murah dan menyehatkan.  Kamu bisa melakukannya dengan berjalan santai atau cepat. Berjalan kaki membantu sistem pernafasan menjadi lebih baik, meregangkan otot-otot yang tegang dan mengurangi resiko terkena penyakit akibat stres, seperti diabetes, darah tinggi dan jantung.  Selain itu olahraga ini juga memanjakan mata karena bisa lakukan sambil menikmati pemandangan sambil berjalan santai hingga membuat pikiran menjadi rileks. 

Untuk pemula yang ingin mencoba olahraga ini, lakukan 10 menit berjalan kaki dalam seminggu tanpa henti dan tambahkan durasinya jika telah 2 – 3 minggu dilakukan secara rutin. Jika sudah terbiasa dan dirasa perlu untuk mengelola stres,  kamu bisa lakukan 3 kali dalam satu minggu dengan durasi 30 menit tanpa henti.

  1. Menari

Menari masuk dalam kategori olahraga dan seni. Kegiatan ini bermanfaat bagi mental, fisik dan emosi manusia. Gerakan tari yang dinamis, mengikuti irama musik membantu tubuh melepaskan hormon endorfin pereda stres. Menari membuat tubuh menjadi lentur dan lincah, hingga gerakannya disetarakan dengan olahraga lari. 

Menyelaraskan dan menyamakan gerakan membantu kamu bersosialisasi dengan orang-orang yang melakukan tarian bersama. Hal ini juga mengalihkan otak dari permasalahan yang ada dengan fokus pada gerakan dan perasaan menjadi bahagia. Zumba dan aerobik adalah contoh tarian dinamis yang akan menyegarkan tubuh dan pikiran. Untuk merasakan manfaatnya, lakukan dalam durasi 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

  1. Yoga

Merujuk dari Stiles – 2002, yoga diambil dari bahasa sansekerta yaitu Yuj dan Yoking. Artinya menyatukan tubuh, pikiran-perasaan dan aspek spiritual dalam diri manusia. Semua orang bisa melakukan yoga, dari anak-anak hingga lansia.

Gerakan yoga yang melenturkan badan, membantu otot-otot yang kaku menjadi regang. Teknik pengaturan pernapasan dengan menarik nafas dalam dan menghembuskannya adalah metode yang sudah terbukti manjur untuk meredakan stres. Lakukan yoga di rumah jika dengan kondisi saat ini masih sulit untuk mengakses pusat kebugaran setidaknya 6 hari dalam seminggu selama 35 – 40 menit.

  1. Pilates

Olahraga yang mengkombinasikan antara kelenturan, keseimbangan, pernafasan dan memfokuskan pikiran ini sangat baik untuk mengurangi stres. 

Olahraga yang dilakukan dengan berpatokan pada pencapaian target akan menjadi kontra produktif. Artinya kamu akan terfokus untuk pencapaian target tanpa menikmati gerakan-gerakan yang kamu lakukan, akibatnya kamu akan stress jika tidak dapat memenuhi goal yang kamu telah set. Pilihlah olahraga yang kamu sukai agar kamu dapat melakukannya dengan senang hati. 

Semua jenis pilihan latihan di atas dapat kamu lakukan di rumah. Jika belum banyak tahu tentang gerakan yang ingin dipilih, carilah informasi yang benar sebelum mempraktekkannya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi DOOgether yang bisa diunduh tanpa dikenakan biaya dengan mudah. Doogether dapat memfasilitasi olahraga secara online maupun offline yang dipandu oleh trainer berpengalaman dan bersertifikat. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa menonton video panduan berbagai macam olahraga yang kamu minati tanpa harus keluar rumah.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang