Makanan Sehat Pasti Tidak Enak? Masa Sih?

3 min read

Mengonsumsi makanan sehat memang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, banyak yang beranggapan bahwa rasa dari makanan sehat yang ada saat ini tidak memenuhi selera makan dan akhirnya gagal beralih menjaga pola makan sehat. Padahal, banyak loh makanan sehat yang rasanya juga enak! Yuk simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam. 

Mengapa Rasa Makanan Sehat Cenderung Tidak Sedap?

Kebiasaan kita sejak kecil hingga dewasa yang biasa mengkonsumsi makanan yang ditambahkan bumbu yang tidak sehat menyebabkan lidah menjadi lebih familiar dengan makanan tidak sehat. Selain itu, kita juga terbiasa dengan makanan yang menggunakan garam, lemak dan gula yang membangkitkan perasaan senang di otak dan mengirimkan sinyal kenyamanan dan ketagihan makanan tersebut.

Efek dari iklan-iklan junk food yang begitu menggoda selera dan dibandrol dengan harga yang relatif murah juga berperan besar. Apalagi ini sangat berbeda dengan makanan sehat yang dianggap cenderung lebih mahal dengan porsi lebih sedikit.

Karena hal-hal tersebutlah, hanya sedikit yang mulai meninggalkan kebiasaan makan makanan junk food dan beralih ke makanan sehat meskipun telah mengetahui manfaatnya. 

Menyiasati Makanan Sehat Agar Terasa Enak

Membangun kesadaran untuk menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi untuk kesehatan memang masih sangat rendah, namun bukan berarti tidak mungkin. Berikut beberapa hal yang dapat membantu kita untuk beralih ke makanan sehat:

  1. Lakukan secara perlahan

Jangan lakukan perubahan secara drastis, lakukanlah secara bertahap. Mulai kurangi makanan tidak sehat dan diganti dengan makanan kaya gizi. Buatlah lidah merasa familiar makanan sehat sedikit demi sedikit dengan menambah porsi atau intensitas mengkonsumsi makanan tertentu secara bertahap. 

Kita perlu menanamkan kesadaran pentingnya mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi. Jangan langsung memaksakan diri dan melakukan perubahan secara drastis karena lidah perlu waktu untuk familiar dengan makanan baru. 

  1. Membuat tampilan makanan yang menarik

Mencampurkan beberapa bahan makanan yang sesuai dapat membuat tampilan makanan terlihat menarik. Misalkan mencampur bayam dengan wortel dan diberi sedikit tomat akan memberikan warna yang menarik. Kamu juga bisa menambahkan bumbu penguat rasa yang sehat seperti minyak zaitun, bawang putih atau cabai.

  1. Pilihlah bahan makanan berkualitas tinggi

Untuk mendapat makanan sehat yang maksimal, kita perlu memilih dan membeli hanya makanan yang segar untuk segala macam sayuran dan buah-buahan. Untuk makanan berprotein, pilihlah yang rendah lemak seperti daging sapi dengan garis lemak yang sangat sedikit, ikan salmon dan dada ayam tanpa kulit. Jangan memilih sayuran hijau dan buah-buahan yang sudah layu, karena vitamin dan gizinya sudah banyak berkurang. 

5 Jenis Makanan Sehat yang Mengalahkan Rasa Junk Food

  1. Stroberi 

Stroberi mengandung vitamin C, Mangan, Folat, berbagai antioksidan, senyawa tanaman serta kalium yang sangat baik. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan gula darah.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung antioksidan, serat, protein, vitamin E, mineral, mangan dan magnesium yang berguna untuk mengurangi resiko jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan oksidasi kolesterol jahat (LDL). Selain itu mengkonsumsi kacang almond dapat mengenyangkan dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Mangga

Buah tropis yang kaya akan serat larut, berbagai macam antioksidan, vitamin A dan C ini bermanfaat untuk mengurangi resiko kerusakan oksidatif dan berbagai penyakit berat, termasuk kanker.

  1. Keju

Keju dan produk turunan susu lainnya berguna untuk kesehatan tulang dan dapat melindungi dari osteoporosis. Mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti fosfor, selenium, seng, kalsium dan vitamin B juga berguna untuk meningkatkan tekanan darah dan penyerapan mineral.

  1. Alpukat

Buah alpukat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, antioksidan, serat, sumber vitamin B yang baik, kalium, tembaga, vitamin E, K dan c yang hebat. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida hingga 22% sekaligus meningkatkan kolesterol HDR.

Konsumsi Makanan Sehat lewat DOOfood

Jika mempersiapkan makanan sehat terasa begitu rumit, kini ada cara yang sangat praktis untuk belajar membiasakan mengkonsumsi makanan sehat sekaligus lezat yakni menggunakan aplikasi DOOgether yang telah merangkul banyak merchant katering ternama yang menyediakan makanan sehat. 

Kita dapat memesan makanan sehat melalui fitur DOOfood.  Lewat fitur ini, kamu bisa  memilih kategori sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari makanan sehat untuk diet, untuk pemulihan dari sakit, menghindari resiko kambuh beberapa penyakit, kecantikan hingga makanan sehat untuk ibu hamil. Semua tersedia disini dalam bentuk paket 5 hari hingga 1 minggu dengan harga yang bervariasi.

Kita tidak perlu kuatir dengan ongkos kirim karena melalui DOOgether, makanan yang dipesan tidak dikenakan biaya kirim. Selain itu, kamu bisa mendapat banyak keuntungan lain dengan menjadi member DOOfood Gold dengan biaya dibayar dimuka sebesar 100 ribu rupiah yang berlaku selama 1 tahun. Masa berlaku member ini selama satu tahun yang digunakan maksimal 3 kali pada merchant katering tertentu. 

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang