Cegah Diabetes Sejak Awal, Yuk!

2 min read

Diabetes termasuk kedalam golongan penyakit kronis yang dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal dan penyakit serius lainnya. Faktor yang menjadi penyebab diabetes antara lain adalah keturunan, usia, dan kebiasaan hidup di masa lalu. Namun, disamping faktor-faktor yang tidak bisa dihindari tersebut, masih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah diabetes, lho!

Tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan untuk memperkecil risiko timbulnya diabetes antara lain adalah:

  1. Melakukan olahraga secara teratur 

Latihan fisik yang dilakukan secara teratur akan membuat hormon insulin menjadi lebih efektif digunakan oleh tubuh dan mengontrol kadar gula darah kita.

  1. Menjaga asupan makanan dan pola makan 

Untuk menghindari munculnya diabetes, sebaiknya kita mengurangi konsumsi makanan manis dan karbohidrat. Jangan lupa untuk menghindari minuman yang banyak mengandung gula.

  1. Menurunkan berat badan

Orang gemuk memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena diabetes. Karenanya, disarankan untuk melakukan program untuk menurunkan berat badan untuk mencegah terkena penyakit ini.

  1. Mengelola stress

Mengelola stress sangat penting dilakukan untuk mencegah diabetes. Ketika stress, tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, sebagian orang akan merasa lapar dan ingin makan terus ketika tertekan.

  1. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan dengan kalori sesuai kebutuhan dan gizi seimbang akan menurunkan resiko timbulnya penyakit diabetes.  Para ahli gizi menyarankan makanan sehat sebagai berikut:

  1. Karbohidrat kompleks (sehat)

Karbohidrat kompleks / sehat akan membantu tubuhmu mencegah diabates. Zat ini biasa terdapat pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan seperti pada buncis dan kacang polong dan produk susu rendah lemak.

  1. Serat

Serat pada makanan melingkupi semua bagian dari makanan yang berasal dari tumbuhan yang tidak dapat diserap atau dicerna oleh tubuh. Mengkonsumsi makanan berserat akan membantu tubuh mengontrol kadar gula darah. Kamu dapat memakan sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, apel dan buah berry untuk mendapatkan makanan berserat tinggi.

  1. Protein hewani dari ikan

Ikan salmon, mackerel, tuna dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat banyak. Kita disarankan untuk mengonsumsinya 2 kali dalam seminggu untuk mendapat asupan protein yang cukup.

  1. Makanan dengan kandungan lemak baik 

Lemak tak jenuh dapat kita temukan pada alpukat, kacang-kacangan, canola oil, zaitun. Namun, kita tidak boleh mengonsumsinya secara berlebih. Ini disebabkan makanan yang dengan lemak juga mengandung kalori yang tinggi.

  1. Mencukupi kebutuhan vitamin D

Vitamin D berfungsi sangat penting untuk mengontrol gula darah. Orang yang kurang asupan vitamin D berisiko lebih besar terkena diabetes. Ini dapat kamu temukan pada makanan yang mengandung  lemak ikan dan ikan cod. 

Bagaimana? apakah kamu sudah rajin mengonsumsi makanan-makanan tersebut? Kalau belum, boleh banget nih untuk segera mencari resep-resep baru untuk dijadikan olahan sedap & menyehatkan bagi dirimu. Atau jika kamu merasa kesulitan mengatur resep dan menghitung gizi makananmu, kamu dapat menggunakan fitur DOOfood yang menyediakan katering makanan sehat dan enak. Dengan fitur ini, kamu dapat mengatur goals dan mendapat paket makanan sesuai dengan kondisi tubuhmu. Tidak perlu takut bosan dengan makanan yang itu-itu aja, karena di DOOfood ada banyak sekali merchant yang dapat kamu coba. 

Terdapat menu paket untuk lima hari yang dapat kamu pesan di merchant DOOfood. Sst, tentunya dengan gratis ongkir! Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak diskon dengan menjadi Member DOOfood. Cukup dengan membayar Seratus Ribu Rupiah, kamu akan mendapatkan diskon unlimited selama 12 bulan masa keanggotaan. Pokoknya, memesan makanan lewat DOOfood dijamin banyak untungnya deh. 

Kamu dapat melihat berbagai keuntungan lainnya dengan mengunduh aplikasi DOOgether lewat Google Play atau Apple Store. Tunggu apa lagi? Yuk unduh DOOgether dan dapatkan pengalaman sehatmu sekarang!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang