Mengenal Muay Thai, Martial Arts Thailand Yang Kian Populer

3 min read

Akhir-akhir ini Muay Thai sangat populer dikalangan anak muda. Olahraga bela diri yang berasal dari negara Thailand ini makin digemari tidak hanya di negaranya sendiri tetapi sudah merambah ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Olahraga ini bukan hanya bertujuan untuk melindungi diri, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, kita dapat membakar kalori sebanyak 350 sampai 500 Kkal dalam satu jam sesi latihan. Sehingga akan cocok dilakukan bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. 

Muay Thai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gerakan – gerakan yang terdapat pada muay thai termasuk dalam olahraga dengan intensitas tinggi. Hal ini dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu berolahraga muay thai secara teratur: 

  1. Meningkatkan kesehatan Jantung

Olahraga dengan intensitas tinggi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penggabungan aerobik dan anaerobik dilakukan dalam gerakan-gerakannya secara tidak langsung melancarkan peredaran darah dan menyehatkan kardiovaskular. 

  1. Melatih kekuatan otot inti tubuh

Gerakan tendangan dan pukulan pada muay thai membantu memperkuat otot inti tubuh.  Otot inti tubuh tidak hanya otot perut, tetapi otot yang berada pada seluruh batang tubuh.

  1. Melatih kekuatan kaki

Salah satu gerakan yang digunakan pada cabang ilmu bela diri ini adalah gerakan menendang. Terdapat berbagai teknik gerakan yang digunakan seperti tendangan lurus (Tae Trong), tendangan putar (Tae Tud), tendangan putar ke bawah (Tae Kod) dan masih banyak lagi.

Semua gerakan kaki ini berguna untuk menguatkan otot bagian bawah tubuh, membentuk otot betis dan menguatkan kaki. Selain itu, kombinasi yang dilakukan juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas atau kelenturan tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Muay thai merupakan latihan intensitas tinggi sehingga memiliki manfaat membakar kalori dalam jumlah besar. Muay thai yang dilakukan secara tepat dengan waktu intens selama 1 jam dapat membakar kalori sebanyak 600 kkal. Sehingga olahraga ini menjadi efektif digunakan pada program penurunan berat badan.

  1. Pelepas stress dan memperbaiki keseimbangan mental

Ternyata gerakan memukul dan menendang pada olahraga ini berguna untuk melepaskan stress. Hal ini disebabkan karena latihan ini mampu merangsang hormon endorfin yang memberikan efek menenangkan, memperbaiki suasana hati hingga menghilangkan stress. Hormon ini juga bekerja untuk meredakan rasa nyeri dan rasa kecemasan.

Memulai Muay Thai dengan Aplikasi Doogether

Bagi kamu yang pemula mungkin menemui kesulitan untuk mencari tempat latihan Muay thai yang menyediakan pelatihan olahraga ini terdekat. Kamu bisa mencoba mencari tempat terdekat yang tersedia dengan menggunakan aplikasi DOOgether pada smartphone. Unduh secara gratis aplikasinya pada Google Play atau Apple Store lalu instal terlebih dahulu.

Ketik kata kunci pada mesin pencarian DOOgether dan kamu akan menemukan lebih dari 2000 kelas yang tersedia. Lakukan pembookingan kelas secara langsung melalui aplikasi ini. Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dalam berbagai pilihan bank transfer, kartu kredit atau Go Pay dan dijamin pasti aman.

Beberapa kelas yang tersedia di aplikasi DOOgether yang bisa diikuti:

  1. Bangkok Muay Thai

Terletak di Pusat Jakarta, tepatnya di Jl. Blora – Menteng, tempat ini memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi. Bangkok Muay Thai menyediakan trainer yang profesional dengan pengalaman yang tinggi. Dengan menerapkan protokol kesehatan dan memiliki fasilitas loker dan shower, camp ini mengutamakan keamanan dan keselamatan bagi anggotanya.

Jadwal latihan tersedia setiap hari dari Senin hingga Minggu. Kelas dibuka pada pukul pukul 07.00 WIB pada Sabtu Minggu dan 09.00 WIB pada hari kerja kecuali Kamis pada hari pukul 11.00 WIB. Dengan jam latihan 1 jam pada setiap kelasnya. Biaya kelasnya seharga 135.000 rupiah per sesi.

  1. Buffalo Camp Pasar Baru

Beralamat lengkap di Jl. Samanhudi No. 67, Jakarta Pusat, camp ini memiliki fasilitas shower, parking lot dan restoran. Protokol kesehatan juga diterapkan di tempat ini, sehingga menjamin kenyamanan dan keamanan dalam berolahraga.

Jadwal latihan dimulai pukul 08.00 WIB pada hari Selasa hingga Sabtu dengan sesi latihan 1 kalinya selama 60 menit. Biaya kelas yang dikenakan 200.000 per visit.

  1. Shadow Muay Thai & Boxing Training Camp

Tempat latihan yang diperuntukkan bagi pemula dan profesional ini berlokasi di Ruko Graha Marcella No 1 Jl. Bintaro Utama 3A No. 85, Tangerang. Dipandu dengan trainier yang profesional dan berpengalaman sesuai dengan kebutuhan. Tempat ini telah menerapkan protokol kesehatan dan memiliki fasilitas loker dan shower.

Jadwal latihan tersedia di hari Selasa hingga Sabtu dan dimulai pukul 09.00 WIB. Sesi latihan 1 kalinya selama 60 menit dengan biaya kelas yang dikenakan 100.000 setiap satu kali mengikuti kelas.

Masih banyak lagi kelas-kelas olahraga muay thai yang tersedia di DOOgether yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Gunakan fasilitas membership DOOfit untuk mendapatkan diskon istimewa untuk membernya.

Jadi tunggu apa lagi, segera dapatkan aplikasi DOOgether dan mulai hidup sehat dengan praktis dengan promo-promo yang membuat biaya olahraga menjadi ramah di kantong. Jangan lupa ajak kekasih, teman-teman atau saudara untuk sehat bersama DOOgether.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang