PPKM Diperpanjang, Semangat Hidup Sehat Jangan Sampai Hilang

2 min read

Dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4 mulai dari tanggal 3 Agustus 2021 sampai 9 Agustus 2021. Perpanjangan PPKM ini juga berarti diperpanjangnya kebijakan WFH. Meski terdapat beberapa pelonggaran aturan untuk PPKM kali ini, kita tetap diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali untuk kondisi darurat. 

Keadaan yang mengharuskan kita berada di rumah setiap saat ini dapat meningkatkan godaan untuk meninggalkan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengatur asupan nutrisi yang kita konsumsi. Padahal, munculnya varian baru dari virus corona membuat kita harus semakin menjaga imunitas dan daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa tips dari DOO agar kamu tidak kehilangan motivasi untuk menerapkan pola hidup sehat selama masa PPKM:

Tetap Semangat dan Berpikir Positif

Covid-19 telah meningkatkan kecemasan banyak orang. Hal ini dapat disebabkan kejenuhan dan ketidakpastian akan situasi yang terjadi. Dalam British Medical Journal, kelompok spesialis kesehatan masyarakat di Inggris memperingatkan bahwa “dampak pandemi terhadap kesehatan mental kemungkinan akan bertahan lebih lama daripada dampak kesehatan fisik”. Karenanya, menjaga kesehatan mental merupakan hal utama yang harus kita lakukan selama masa PPKM ini. Mental yang sehat akan membantu imun tubuh bekerja lebih baik. Untuk menjaga kewarasanmu selama pandemi, kamu bisa banget nih meluangkan waktu 5-10 menit setiap memulai harimu dengan menulis jurnal atau menyemangati diri sendiri di depan cermin. Walaupun terdengar sepele, kamu akan merasakan dampak luar biasa pada dirimu.

Beristirahat yang Cukup

Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa urusan pribadi dan pekerjaan menjadi berantakan semenjak adanya pandemi. Hal ini dapat membuat kita tidak fokus dalam bekerja maupun beristirahat. Hal ini membuat kita menjadi tidak produktif dan rentan merasa stress. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengatur ulang jadwal istirahatmu dan menetapkan batasan yang jelas dimulai dari diri sendiri. Contohnya, kamu dapat menggunakan Google Calendar agar jadwal harianmu dapat terlihat jelas dan teratur. Kamu juga dapat membicarakan jadwal ini kepada rekan kerja atau orang rumahmu ya. Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan maksimal. Tidur yang cukup dan mencari hiburan seperti menonton series dapat menjadi istirahat yang menyenangkan untuk menjaga imun selama PPKM ini.

Olahraga Secara Rutin

Wah, kalau ini sih Teman DOO pasti sudah hafal bukan? Olahraga rutin memang wajib banget nih kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Walaupun sekarang tidak bisa pergi ke gym atau sekedar lari keluar rumah, kamu tetap bisa menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga di rumah dengan alat-alat olahraga sederhana atau mengikuti kelas olahraga online di DOOgether. Selain kesehatan tubuhmu terjaga, kamu juga tidak akan bosan karena DOOgether menyediakan berbagai pilihan kelas olahraga yang dapat kamu coba setiap saat. Bahkan ada challenge seru yang diadakan setiap bulannya loh! Kalau menang, tentu ada hadiah menarik yang siap dikirim ke rumahmu! Jadi, jangan lupa berolahraga ya.

Menjaga Asupan Nutrisi dan Pola Makan

Dalam situasi pandemi yang tidak dapat ditebak, kamu harus rajin menjaga pola makanmu ya! Jangan sampai berada dirumah saja membuat kamu malah malas memerhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Jika bingung dengan perhitungan makan sehat yang benar, kamu dapat memilih paket katering sehat lewat DOOfood. Kamu juga bisa memilih goals sehatmu loh! Mulai dari menu diet sampai asupan untuk penderita diabetes dapat kamu temukan dengan mudah di DOOfood.

DOOgether sebagai aplikasi berbasis kesehatan dan pola hidup selalu berusaha untuk membantumu merasa nyaman dalam kondisi pandemi ini. Jadi, mari bersama-sama menjaga semangat untuk tetap menerapkan pola hidup sehat selama PPKM dan masa pandemi kedepannya yuk!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang