Cara Sederhana Mengecilkan Perut Buncit

2 min read

Mengecilkan perut buncit sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Secara garis besar, kamu hanya perlu mengatur pola makan dengan baik, dan melakukannya secara rutin.

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Banyak orang memiliki impian atau body goal seperti perut yang rata demi menjaga penampilan. Karenanya, banyak pakar yang mulai menyusun program untuk mengecilkan perut buncit, baik lewat program diet maupun program olahraga khusus.

Pada dasarnya, hampir semua trik tersebut mudah dilakukan. Kamu hanya perlu konsisten dengan program yang telah disusun, dan melatih kesabaran untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut merupakan beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. 

  1. Jangan Lewatkan Sarapan

Salah satu konsep utama saat menjalankan program diet adalah menurunkan konsumsi kalori semaksimal mungkin. Namun, bukan berarti kamu harus benar-benar menjauhi kalori terlebih jika sampai melupakan sarapan. Ini jelas keputusan yang sangat salah. 

Meninggalkan sarapan hanya akan membuat tubuhmu terasa lemas, dan meningkatkan rasa lapar hingga akhirnya membuatmu makan dalam porsi yang banyak di siang hari. Solusinya, tetap lakukan rutinitas sarapan, namun pastikan nutrisinya seimbang.  

  1. Kontrol Porsi Makan

Ketimbang membiarkan perut kelaparan, lebih baik jika kamu mengatur porsi makan agar kalori yang masuk bisa langsung digunakan sebagai sumber tenaga. Untuk mengecilkan perut buncit, kamu bisa menggunakan pola makan dalam porsi sedikit namun sering. 

Misalnya, mengubah kebiasaan makan 3 kali sehari menjadi 5 kali dengan pola, sarapan di pagi hari dengan porsi sedang, jam 9 makan dalam porsi kecil, jam 12 makan siang dengan porsi kecil, jam 3 sore makanan sela, dan jam 7 makan malam dengan fokus menu makanan tinggi serat dan protein. 

  1. Perbanyak Asupan Serat dan Protein

Bukan berarti harus menghilangkan asupan karbohidrat, kamu tetap membutuhkannya, hanya saja pilih sumber karbohidrat kompleks, seperti olahan gandum utuh. Selain bisa jadi sumber tenaga, sumber karbohidrat komplek mengandung serat tinggi sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Agar program diet kamu lebih maksimal, pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak serat dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan tinggi protein, seperti ikan, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit dan lainnya. 

  1. Hindari Junk Food

Junk food merupakan salah satu makanan yang wajib dijauhi. Selain tinggi kalori dengan kandungan nutrisi yang sangat sedikit, makanan siap saji seperti burger, pizza, dan lainnya, umumnya mengandung tinggi lemak dan tepung yang bisa memberi dampak buruk bagi program diet yang kamu jalankan. 

Dampak buruk lainnya, junk food umumnya mengandung tinggi garam yang beresiko menyebabkan banyak masalah kesehatan, terutama hipertensi, serangan jantung, dan lainnya. Ketimbang junk food, kamu lebih baik memilih makanan seperti salad dan lainnya.

  1. Disiplin Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap bugar, beberapa jenis olahraga terbukti mampu mengecilkan perut buncit, misalnya stomach crunch, bicycle sit-up, plank, senam aerobik, jalan kaki, pilates, jogging, yoga, latihan kardio, bersepeda dan berbagai jenis olahraga lainnya.

Kamu disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Jika tidak memungkinkan dilakukan di satu waktu, kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, misalnya 15 menit pagi hari, dan sisanya di sore hari, atau 10 menit di pagi hari, 10 menit siang hari dan 10 menit di sore hari.

Read More!

Related Posts