Wajib Hindari! Ini Kesalahan Berolahraga Yang Sering Dilakukan Pemula

2 min read

Olahraga memberi banyak manfaat pada tubuh, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan suasana hati. Namun tidak sembarangan, olahraga yang bisa memberi manfaat harus dilakukan dengan aturan yang ketat. 

Alih-alih memberi manfaat, asal olahraga justru bisa sangat membahayakan. Mulai dari cedera hingga menyebabkan jantung bisa kolaps. Berikut merupakan beberapa kesalahan fatal dalam berolahraga yang wajib kamu hindari. 

  1. Tidak Pemanasan

Pemanasan merupakan kegiatan yang harus dilakukan sebelum berolahraga. Sesuai dengan namanya, pemanasan berfungsi untuk memanaskan beberapa bagian tubuh agar lebih siap menjalankan latihan fisik. Bagian tubuh yang disiapkan selama pemanasan adalah jantung dan otot.

Jantung merupakan organ yang sangat penting dipersiapkan sebelum berolahraga. Jika tidak, jantung akan kaget menerima perubahan irama tubuh. Dampaknya bisa fatal lho, mulai dari pecah pembuluh darah yang menyebabkan stroke, serangan jantung, jantung kolaps hingga kematian.  

Sementara untuk otot, pemanasan berfungsi untuk melenturkan otot sehingga siap menunjang pergerakan tubuh. Tanpa pemanasan, kamu terancam mengalami cedera otot. 

  1. Terlalu Memaksakan Diri

Tiap orang punya kemampuan maksimal dalam menerima beban latihan. Maka dari itu, sesuaikan latihan yang kamu lakukan dengan kemampuan tubuh. Jalankan program latihan secara bertahap, hingga akhirnya kamu bisa menerima latihan dengan intensitas tinggi. 

Alih-alih memberi manfaat, terlalu memaksakan diri saat berolahraga justru bisa sangat berbahaya. Sama seperti tanpa pemanasan, terlalu memaksakan diri bisa menyebabkan kerusakan jantung hingga kematian, cedera otot, paru-paru ‘jebol’ dan lainnya.

Jika kamu baru mulai berolahraga, buatlah program latihan sesuai dengan goal yang ingin dicapai. Setelah itu capai tujuan latihan secara bertahap, mulai dari target terendah hingga maksimal. 

  1. Cepat Bosan

Beberapa orang termotivasi untuk berolahraga karena melihat perubahan drastis yang terjadi pada mereka yang sudah mulai berlatih, mulai dari bentuk tubuh yang lebih seksi, penuh otot dan perut yang ramping. Selain itu, ada juga yang berolahraga karena ikutan trend tertentu. 

Bukan tidak boleh, namun kamu harus tahu jika body goal yang mereka dapatkan tidak datang dalam satu malam, semuanya butuh usaha, komitmen dan disiplin. Tanpa memahami konsep sederhana ini (usaha, komitmen, dan disiplin), kamu akan cepat merasa bosan. 

Selain itu, salah satu penyebab kamu cepat bosan adalah program latihan yang tidak terukur, tanpa target dan perencanaan. Hanya bermodalkan semangat saja. 

  1. Tidak Ada Variasi Latihan

Pakar kebugaran Steve Ettinger, kepada Men’s Journal menyebut jika salah satu kesalahan fatal dalam berolahraga adalah tidak punya variasi latihan, hanya menjalankan latihan yang sama sepanjang waktu. Misalnya terus berlatih aerobik, dan tidak mencoba latihan lainnya. 

Hanya menjalankan satu program latihan bukan hanya akan menyebabkan kamu cepat bosan, tapi juga bisa membuat program latihan utama tidak maksimal. Misalnya saat berlatih boxing, kamu juga harus melatih kardio dan latihan beban untuk menunjang stamina dan kekuatan tubuh. 

Selain itu, kamu pun wajib berlatih aerobik untuk menjaga bobot dan menjaga bentuk tubuh tetap ideal, latihan pernapasan dan lainnya. 

  1. Olahraga Tanpa Rencana 

Dari semua kesalahan saat berolahraga, sebenarnya induknya adalah berolahraga tanpa rencana. Tanpa perencanaan, kamu akan meremehkan pentingnya pemanasan, tidak punya variasi latihan, motivasi latihan mudah hilang hingga akhirnya kehilangan konsistensi dan bosan. 

Maka dari itu, sebelum berolahraga kamu wajib membuat rencana latihan dan goal yang ingin dicapai. Untuk memudahkan kamu menyusun rencana latihan, termasuk mengatur porsi latihan yang akan dilakukan setiap hari, pastikan untuk mengunduh aplikasi DOOgether.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa bertemu trainer profesional yang bisa membantumu menemukan program latihan yang tepat, bergabung dengan komunitas pecinta olahraga yang bisa membantumu konsisten berlatih, dan berbagai fitur menarik lainnya. 

Read More!

Related Posts