Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Bokong Tanpa Harus Operasi

3 min read

Bokong merupakan salah satu aset wanita yang harus dijaga keindahannya. Bagi wanita yang memiliki bokong terlalu besar, tentu ini bukan hal yang menyenangkan. Rasa percaya diri bisa hilang, bahkan beresiko menimbulkan body shaming

Bokong yang terlalu besar bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu yang paling dominan adalah berat badan yang tidak ideal. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengatasi bokong yang terlalu besar dengan melakukan beberapa latihan berikut ini.

  1. Chair Pose

Chair pose bisa dijadikan alternatif buat kamu yang ingin mengecilkan, sekaligus mengencangkan bokong. Salah satu pose yoga dasar yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan dimana saja, bahkan bisa dilakukan sebagai salah satu peregangan saat kamu sudah duduk terlalu lama. 

Cara melakukannya sangat mudah.

  • Pertama, ambil ambil posisi tubuh berdiri tegak dengan posisi kaki dibuka selebar bahu. 
  • Setelah itu tekuk lutut secara perlahan, kemudian condongkan tubuh ke depan. 
  • Angkat kedua tangan lurus ke atas, dan tahan sesuai dengan kemampuan. 

Sebagai alternatif, kamu bisa mengambil posisi bersandar ke dinding, kemudian lakukan pose seperti sedang duduk. Tahan posisi tersebut selama mungkin.

  1. Squat

Sepintas squat sangat mirip dengan chair pose. Manfaat latihan ini pada dasarnya sama, yakni untuk membakar kelebihan lemak di sekitar bokong, mengencangkan otot sekitar bokong, perut dan kaki secara bersamaan. Bedanya, di sini kamu dituntut lebih aktif bergerak. 

Seperti disebutkan di atas, cara melakukannya hampir sama seperti chair pose. 

  • Pertama, ambil posisi berdiri tegak, dengan posisi kaki dibuka selebar bahu. 
  • Kemudian tekuk kaki dan turunkan bokong seperti akan mengambil posisi setengah jongkok. 
  • Arahkan tangan ke depan, kemudian angkat tubuh dan kembali ke posisi awal.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan dumbell sebagai beban. Lakukan gerakan ini 20 kali untuk setiap repetisi. 

  1. Lunges

Meski gerakan ini terlihat sangat sederhana, namun manfaat yang bisa kamu dapatkan cukup komplit, mulai dari mengencangkan otot paha, bokong, hingga betis. Selain itu, lunges bermanfaat untuk meningkatkan pergerakan sendi bagian pergelangan kaki, pinggul, hingga lutut.

Cara melakukannya:

  • Ambil posisi tubuh berdiri, kemudian letakkan tangan di pinggang
  • Langkahkan kaki kanan ke depan, kemudian tekuk hingga membentuk sudut 90 derajat.
  • Sementara untuk posisi kaki dilempar ke belakang dan luruskan. 
  • Simpan kedua tangan di lutut kanan, dan pastikan tubuh dalam posisi tegak.
  • Tahan selama beberapa detik, kemudian ulangi gerakan dengan posisi kaki yang berbeda. 

Kamu bisa melakukan gerakan lunges ini sebanyak 10 kali untuk satu repetisi, dan bisa diulangi sesuai dengan kemampuan. Jika ingin lebih maksimal, gunakan dumbbell sebagai variasi latihan.

  1. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga merupakan salah satu aktivitas rumahan yang bermanfaat untuk membakar kalori dalam jumlah tinggi. Aktivitas yang termasuk dalam kategori olahraga kardio ini sangat ampuh memperkuat otot paha, betis, dan merampingkan bokong. 

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di tahun 2017 silam, yang menjelaskan jika aktivitas naik turun tangga ampuh membakar kalori dalam jumlah tinggi, dan mampu memberi manfaat kesehatan bagi wanita obesitas.

Tapi ingat, pastikan menggunakan teknik berjalan yang tepat. Jika tidak memiliki tangga, kamu bisa melakukannya dengan gerakan naik turun pada bidang yang lebih tinggi, seperti kursi atau tepian tempat tidur. Alternatif lainnya, kamu bisa memilih olahraga mendaki gunung dan wall climbing.

  1. Latihan Kardio

Seperti disinggung di atas, kardio merupakan latihan yang tidak hanya efektif memperkuat jantung, tapi juga ampuh membakar lemak dalam jumlah yang tinggi. Tapi ingat, pastikan kamu berlatih kardio dengan ditemani oleh instruktur profesional. 

Alasannya, kardio tidak bisa dilakukan sembarang orang. Ada program khusus yang harus kamu ikuti, mulai dari latihan intensitas rendah, hingga tinggi. Terlebih jika kamu termasuk pemula.

Makanya sangat disarankan untuk mendownload aplikasi DOOGether. Selain memudahkan kamu menemukan studio olahraga sesuai dengan kebutuhan, dalam aplikasi ini terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk bertemu dengan trainer profesional.

Mereka siap memberikan program sesuai dengan kebutuhan kamu, dan siap memandumu dalam menerapkan gaya hidup sehat. Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini ada juga fitur video tutorial yang bisa kamu gunakan sebagai bekal latihan di rumah lho!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang