Buka-bukaan with Ayu Meutia:Fit and Healthy Are More Than Just Numbers!

3 min read

Seperti kebanyakan orang, Ayu Meutia, seorang pekerja di sebuah agency, memulai perjalanan gaya hidup sehatnya karena rasa insecurity dan tubuh yang belum fit. Ayu berhasil mempertahankan gaya hidup sehat dan rutinitasnya dalam berolahraga semenjak 2020. Pastinya, perjalanan atau journey Ayu memiliki ups and downs nya. Yuk, simak health and fitness journey Ayu!

“The first step in solving any problem is recognizing there is one.”

Menyadari akan masalah yang dialami merupakan langkah pertama dalam memperbaikinya dan juga mencari solusinya. Diawali dengan konflik internal pada diri Ayu,  yaitu perasaan tidak percaya diri dan tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya yang dulu, ia pun merasa kurang menarik dan overweight ketika melihat dirinya di depan kaca. Hal ini, ditambah keinginan untuk menjadi lebih percaya diri dengan tubuh sendiri, menjadi pendorong awal bagi Ayu.

Ketika Ayu masih berkuliah di Malaysia, ia mulai iseng dan tertarik untuk mencoba berbagai kelas dari studio-studio olahraga yang ada di sana. Namun, ketika kembali ke Indonesia, ia berhenti sejenak, dan memulai kembali perjalanan gaya hidup sehatnya di awal pandemi. Seperti ribuan masyarakat lainnya yang dilanda kebosanan karena adanya pandemi, Ayu menghabiskan waktu luangnya dengan berolahraga. Beberapa kelas online yang diikuti olehnya menjadi hiburan dan rutinitas baru Ayu di masa pandemi ini.

Mematahkan kepercayaan bahwa seseorang harus memiliki health and fitness goals, Ayu memulai kebiasaan olahraganya ini tanpa target spesifik yang ingin dicapai. Menurut Ayu, olahraga membuat tubuh dan pikirannya menjadi lebih sehat dan bahagia – and that’s what’s important to her!  Menemukan kelas dan tempat olahraga buat Ayu pun tidak susah, karena iya menggunakan aplikasi DOOgether yang memberikan akses ke 350+ studio olahraga dan 20,000+ kelas olahraga (online & offline). Dengan berlangganan DOOfit Membership di aplikasi DOOgether, Ayu pun bisa menikmati kelas olahraganya dengan mudah dan gratis! 

Ayu percaya akan pentingnya work-life balance oleh karena itu dia menyelipkan waktu untuk berolahraga di pagi hari sebelum memulai kesibukannya sehari-hari, dan minimal empat kali dalam seminggu.  Kalau ditanya apa olahraga favorit Ayu, jawabannya nggak ada lho! Walaupun rajin berolahraga dan beberapa kelas olahraga yang rutin diikuti seperti Yoga, Ayu tidak memiliki olahraga favorit. So it’s all about moving and getting healthy for her! 

Walaupun begitu, Ayu juga memiliki rintangannya sendiri dalam menjalani gaya hidup sehatnya, seperti kesulitannya dalam menaikkan level intensitas olahraganya karena keterbatasan alat yang ada di rumah. Hal ini dialami oleh Ayu, karena ia tidak memiliki semua alat yang diperlukan untuk meningkatkan level olahraganya. Tapi Ayu tentunya tidak membiarkan hal tersebut untuk menghentikan kebiasaan baru dan sehatnya ini! Ia justru mengganti alat beban tersebut dengan peralatan yang ada di rumahnya seperti botol minum dan berat tubuhnya sendiri.

Oh iya, tidak melupakan pentingnya nutrisi, Ayu juga memperhatikan dan menjaga kesehatannya dengan menjaga asupan makan dan gizinya. Tidak seperti kebanyakan orang yang lebih mungkin lebih sering menjalani diet konvensional, ia memilih untuk mengikuti workshop intuitive eating yaitu program yang mengajarkan mindful eating. Ayu percaya bahwa dirinya bisa menjadi sehat tanpa menyiksa dirinya, dan ini intuitive eating ini mengajarkan hal tersebut. 

Secara keseluruhan, Ayu merasakan pepatah mens sana in corpore sano yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk seseorang yang sudah tergolong rutin, tentunya ia melihat dan merasakan adanya kemajuan pada tubuh, pikiran, dan gaya hidupnya secara keseluruhan. Meskipun tidak pernah mengukur secara rinci, Ayu bisa merasakan badannya yang lebih fit, serta kesadaran yang lebih baik untuk menjaga kesehatannya baik fisik maupun psikis. Selain itu, ia merasa bahwa tujuan utama dia berolahraga adalah untuk merasa bahagia, dan selama ia tetap bahagia ia tidak perlu mencari goals baru untuk dipenuhi. 

Ternyata, iseng-iseng mencoba dapat membuahi hasil yang membahagiakan ya Teman DOO! Apalagi setelah tau cerita Ayu kita jadi tau bahwa nggak semua yang kita lakukan itu harus memiliki alasan yang kuat dibaliknya, cukup dengan memulai dan melakukannya aja.] Jika kita mulai melakukan sesuatu tanpa banyak alasan, maka apapun itu yang kita kejar sudah jauh lebih dekat dari sebelumnya. Suatu hal positif bisa timbul jika kita berani memulai dan mencoba. Dalam konteks ini, iseng berolahraga menimbulkan rutinitas positif bagi Ayu yang berdampak baik untuk kesehatan dan gaya hidupnya.

Ingin sehat dan fit seperti Ayu juga? Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang bersama Teman Hidup Sehatmu. Nggak sulit kok, yang penting dari kamunya ada kemauan! Apalagi ada DOOgether yang selalu mendukung dan menemani kamu.

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang