Kiat Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

3 min read

Kolesterol merupakan lemak yang secara alami diproduksi oleh hati manusia, atau dapat diperoleh dari sumber makanan hewani seperti susu dan daging merah. Tubuh kita memerlukan kolesterol untuk memproduksi vitamin D, beberapa hormon dan untuk pembentukan sel. Namun, dapat menjadi masalah ketika jumlah kolesterol di dalam darah menjadi sangat tinggi. Hal ini bisa mendatangkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Kadar Kolesterol Aman Dalam Tubuh

Akhir-akhir ini, kolesterol tinggi bukan hanya menghampiri kaum setengah tua dan lansia. Tidak sedikit kaum dewasa muda bahkan anak-anak pun mengalami kolesterol tinggi. 

Penyebab kolesterol tinggi pada usia muda secara umum sama dengan penyebab pada orang usia lanjut. 

Ada 3 hal utama yang menjadi penyebab kolesterol tinggi:

  1. Obesitas
  2. Memiliki riwayat keturunan dari keluarga, terutama jika terjadi pada kedua orang tua.
  3. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh tinggi.

Beberapa penyakit seperti diabetes, tiroid dan gangguan ginjal juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Jika kamu memiliki beberapa faktor tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri untuk mengetahui kadar kolesterol yang ada dalam tubuhmu. Mengetahui sejak awal dapat meminimalisir resiko dan memudahkan dalam penanganan kolesterol.

Terdapat jenis kolesterol dan fungsinya yang perlu diketahui agar tidak salah melihat hasil tes. Hati memproduksi lipoprotein untuk membantu mengalirkan kolesterol di dalam darah karena sifat kolesterol yang tidak larut dalam air. Dua jenis lipoprotein yang utama yang diproduksi hati, yaitu:

Low Density Lipoprotein (LDL)

LDL dikenal dengan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jika jumlahnya terlalu tinggi. Fungsinya membawa kolesterol melalui pembuluh darah arteri. Tumpukan LDL terjadi pada dinding arteri jika jumlahnya terlalu berlebih.

High Density Lipoprotein (HDL)

Mengangkut semua kolesterol berlebih di dalam darah ke hati yang kemudian akan dibuang keluar tubuh. Dikarenakan tugasnya itu, HDL dikenal dengan kolesterol baik.

Selain 2 jenis kolesterol tersebut, ada juga lemak trigliserida. Lemak yang terbentuk dari kelebihan asupan kalori yang tidak dipergunakan oleh tubuh. Jumlah lemak ini juga dihitung ketika kita memeriksakan diri untuk mengetahui beresiko atau tidaknya kadar kolesterol yang ada. 

Pedoman nilai kolesterol yang aman secara umum adalah sebagai berikut

LDL        : tidak lebih dari 100 mg/dL.

HDL        : sama dengan atau lebih dari 60 mg/dL

Trigliserida    :  kurang dari 150 mg/dL.

Kolesterol total    : tidak boleh mencapai 200 mg/dL.

Untuk orang berusia 19 tahun kebawah,  tabel acuan nilai kolesterol aman adalah:

LDL         :  kurang dari  100 mg/dL

HDL        : di atas  45 mg/dL

Trigliserida    :  kurang dari 120 mg/dL.

Kolesterol total    : Tidak boleh lebih dari 170 mg/dL

Nilai HDL yang semakin tinggi akan semakin baik bagi tubuh. Sedangkan untuk jumlah LDL, Trigliserida dan Total Kolesterol akan lebih baik jika nilainya rendah.

Menangani Kolesterol Tinggi

Untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol,merubah pola makan dan gaya hidup sehat menjadi suatu keharusan.

  • Lakukan olahraga secara rutin

Berolahraga secara teratur dan rutin akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Pilihlah latihan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Berolahraga secara berkelompok mungkin bisa jadi pertimbangan untuk menghindari kejenuhan seperti mengikuti kelas-kelas senam aerobik dan zumba. Untuk pemula, lakukan latihan secara rutin setiap hari selama 30 menit. 

Temukan semua informasi yang lengkap mengenai pusat-pusat kebugaran terdekat dengan bantuan DOOgether berikut semua jenis olahraga yang tersedia. Kamu juga dapat melakukan booking online langsung dari sini. Banyak penawaran menarik yang ditawarkan sebagai bentuk dukungan DOOgether pada pola hidup sehat yang diterapkan masyarakat, terutama kaum muda millennial.

  • Mengubah kebiasaan makan 

Kenaikan kadar kolesterol berkaitan erat dengan pola dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Kita perlu menghindari semua makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kurangi makanan yang pengolahannya digoreng dan beralih dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus. Biasakan juga mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti pada buah-buahan dan sayur mayur.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur DOOfood yang menyediakan bermacam menu makanan yang cocok bagi berbagai kondisi kesehatanmu. Makanan yang tersedia dipersiapkan oleh banyak pilihan catering ternama. Jadi meskipun dengan perhitungan gizi yang ketat untuk penderita kolesterol tinggi, cita rasa dan keragaman makanannya tidak akan berkurang. 

Read More!

Related Posts

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang