Mengenal Bootcamp, Olahraga Seru dengan Sejuta Manfaat

2 min read

Halo Teman DOO! Apakah kamu pernah mendengar tentang olahraga bootcamp? Latihan fisik yang satu ini mulai berkembang di Indonesia dan diminati anak muda karena konsep yang seru dan menyenangkan. Tidak sedikit yang mengikuti kegiatan ini untuk mempertahankan kebugaran tubuhnya. 

Sebenarnya seperti apa sih olahraga bootcamp dan manfaatnya untuk tubuh kita? Yuk, cari tahu lewat artikel ini!

Olahraga Bootcamp dan Manfaatnya

Nama Bootcamp  diambil dari pelatihan militer yang dilakukan prajurit yang berlatih di camp militer. Namun tenang saja, ketika diterapkan sebagai olahraga, kegiatan ini tidak sekeras pelatihan militer pada umumnya kok! Olahraga ini dilakukan secara berkelompok dengan latihan fisik yang dilakukan secara intens dalam satu periode waktu dengan pengawasan instruktur atau personal trainer. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di luar ruangan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kekuatan tubuh.

Gerakan fisik yang dilakukan merupakan latihan dasar. Seperti lari, push up, burpe, crunch dan melompat. Latihan pada bootcamp lebih sering tanpa alat, namun ada beberapa yang menggunakan seperti tali tambang untuk gerakan tarik menarik atau memanjat. Perpindahan antar gerakan dilakukan dengan cepat. Hal ini membantu kita menjaga detak jantung tetap tinggi sekaligus membakar banyak kalori disaat yang bersamaan. Semakin intens gerakan yang dilakukan, peningkatan detak jantung akan tinggi. Demikian juga dengan pembakaran kalori di dalam tubuh. 

Olahraga bootcamp bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, dan membantu menurunkan berat badan. Latihan ini juga mampu membakar lemak lebih dari 1.000 kkal dalam satu sesi. Selain itu, semua gerakan yang dilatih dalam olahraga ini menekankan pelatihan fungsional secara meluruh. Mulai dari otot inti, bagian atas dan bawah tubuh. Secara psikologis, olahraga ini dapat membantu mengurangi stress. Selain gerakan yang dapat merangsang hormon endorfin, kegiatan yang dilakukan bersama-sama terlebih dilakukan di luar ruangan akan memberikan rasa bahagia tersendiri.

Sebelum melakukan latihan, kamu perlu memerhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Siapkan diri dengan memperbanyak asupan air minum satu hingga dua jam sebelum dimulai agar tidak mengalami dehidrasi ketika latihan.
  • Melakukan latihan dengan intensitas tinggi dapat mengakibatkan detak jantung yang sangat kencang dan otot yang terasa panas. Karena itu, jagalah pikiran agar tetap tenang dan fokus
  • Untuk mencegah nyeri otot, usahakan untuk tetap bergerak dan tidak langsung diam ketika latihan usai.
  • Berikan asupan tubuh larutan elektrolit esensial setelah berlatih. Dengan begitu elektrolit yang terbuang bersama keringat sepanjang latihan dapat terganti

Temukan kelas Boot Camp di DOOgether

Di DOOgether, kamu dapat menemukan banyak tempat pelatihan bootcamp yang dapat kamu pilih sesuai dengan fasilitas yang sesuai dan jarak terdekat dari rumahmu loh! Beberapa tempat latihan boot camp yang bisa kamu temukan di DOOgether antara lain Fit HUB – Arteri Pondok Indah, Fit HUB – Bendungan Hilir, Boogar studio – Jl. Timbul Jakarta Selatan, SoulBox – Senopati Suite 3 Jakarta Selatan dan masih banyak lagi.

Tentunya dalam kondisi pandemi, DOOgether juga menyediakan pilihan kelas bootcamp online agar kamu tetap bisa merasakan pengalaman berolahraga seru hanya dari rumah. Dan kabar baiknya, di bulan Juli 2021 ini kamu bisa mendapatkan promo kelas dengan harga yang super murah loh! Mulai dari Rp 12.500, kamu dapat mengikuti kelas Bootcamp yang tersedia di DOOgether, menarik bukan?

Bukan hanya itu, DOOgether juga memberikan banyak potongan harga bahkan kelas gratis jika kamu mendaftarkan diri pada DOOfit membership. Terdapat 6 jenis membership yang tersedia dengan penawaran sangat menggiurkan dari masing – masing tipe membership. Nah, tunggu apalagi? Yuk cari olahraga favoritmu dan rasakan keseruan hidup sehat di DOOgether!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang