Peralatan Olahraga Sederhana di Rumah

2 min read

Selain berlatih di Gym, dalam kondisi tertentu kamu pun tetap bisa memaksimalkan upaya latihan dengan berolahraga di rumah. Nah sebelum itu, pastikan kamu sudah punya peralatan olahraga sederhana ini.

Image source: https://www.pxfuel.com/en/free-photo-obrbx

Karena alasan tertentu, beberapa orang terkadang lebih memilih untuk berolahraga di dalam rumah ketimbang di gym atau studio olahraga. Tidak ada yang salah dengan pilihan ini, yang penting kamu punya peralatan olahraga sederhana yang bisa digunakan selagi olahraga  di dalam rumah.

Berikut merupakan beberapa peralatan olahraga sederhana yang sebaiknya kamu siapkan di dalam rumah agar aktivitas olahraga kamu makin maksimal. 

  1. Tali Skipping

Skipping atau olahraga lompat tali merupakan salah satu olahraga murah meriah, bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah dengan beragam manfaat, termasuk melatih kekuatan otot kaki, meningkatkan kebugaran jantung dan paru, dan memperbaiki postur tubuh. 

Jika kamu tidak suka lari, skipping bisa dijadikan sebagai alternatif latihan kardio yang berfungsi untuk membakar lemak dalam jumlah yang lebih maksimal. Tali skipping sendiri merupakan alat yang sangat sederhana, harganya sangat terjangkau, bahkan kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. 

  1. Resistance Band

Resistance band merupakan peralatan olahraga sederhana yang wajib kamu miliki sebagai modal berolahraga di rumah. Alat ini berbentuk seutas tali karet elastis yang berfungsi untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot, dengan tingkat elastisitas beragam mulai dari rendah hingga tinggi. 

Bentuk dari resistance band sendiri ada beberapa macam, mulai dari yang hanya berbentuk seutas tali karet, berbentuk lingkaran, hingga tali dengan pegangan di kedua ujungnya. Cara penggunaan resistance band sendiri cukup mudah, bahkan bisa dikombinasikan dengan alat lain. 

  1. Dumbbell

Kalau kamu sering main ke gym, pasti sudah tidak asing lagi dengan alat angkat beban mini yang bernama dumbbell. Karena digunakan untuk keperluan rumahan, dumbbell umumnya tersedia dalam bentuk yang lebih kecil, dengan bobot minimal 0.5 kg hingga 10 Kg. 

Sebagaimana alat angkat beban, dumbbell bisa kamu gunakan untuk membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, dumbbell pun bisa kamu gunakan sebagai alat bantu saat berlatih sit up, squat hingga bench press. Dengan bantuan dumbbell, sesi olahraga yang kamu lakukan akan jadi lebih maksimal. 

  1. Foam roller

Foam roller merupakan peralatan olahraga sederhana berbentuk gulungan busa empuk. Umumnya, alat ini berfungsi untuk melemaskan otot setelah olahraga berat. Selain itu, foam roller bisa digunakan untuk mencegah cedera, alat bantu saat berlatih yoga, hingga bermanfaat menghilangkan selulit.

Tapi sebelum membeli alat olahraga ini, sebaiknya kenali dulu jenis dan fungsi dari foam roller. Misalnya Low-Density Foam Roller yang memiliki tekstur lembut, hingga Bumpy Foam Roller yang berfungsi untuk menghadirkan sensasi peregangan yang lebih pada otot.

  1. Bola Fitness

Alat olahraga yang satu ini terlihat sebagaimana layaknya bola karet, dengan varian warna yang beragam. Fungsinya sendiri beragam, mulai dari melatih keseimbangan, kekuatan otot, latihan kardio, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Bola fitnes bisa digunakan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ditambah, ibu hamil atau orang dengan kondisi tertentu pun juga bisa menggunakan bola fitnes sebagai alat terapi. Di pasaran sendiri terdapat banyak jenis bola fitnes, kamu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Selain peralatan olahraga sederhana tersebut, sebenarnya masih banyak perlengkapan lainnya yang bisa kamu miliki di rumah. Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah tahu cara menggunakannya ya!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang