Olahraga di Rumah , Cara Efisien Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

3 min read
Image Source : https://www.freepik.com/free-photo/guy-training-home_13180432.htm#page=1&query=home%20workout&position=14

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, pemerintah mewajibkan kita untuk melakukan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak satu sama lain (social  distancing) untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas.

Dengan aturan ini maka banyak aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan di rumah, seperti bekerja, sekolah, pelaksanaan ibadah dan lain sebagainya.

Berada seharian di rumah tidak berarti kamu abai untuk menjaga kondisi fisikmu agar tetap fit dan segar. Karena kamu berpikir tidak bisa melakukan workout yang biasa kamu lakukan di pusat-pusat kebugaran membuat malas atau  tidak tahu olahraga apa saja yang bisa dilakukan ketika tidak berada di gym. 

Tidak bisa kemana-mana untuk berolahraga? Tidak masalah, kamu tetap bisa berolahraga di rumah agar dapat menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari stres karena perubahan pola aktivitas.

Jalan kaki

Kegiatan ini bisa kamu lakukan di dalam rumah atau di halaman rumah. Lakukan selama 10 – 30 menit tanpa henti. Baiknya lakukan pagi hari jika kamu melakukannya di pekarangan rumah. Karena pada pagi hari kamu dapat menghirup udara yang bersih sehingga pikiran menjadi rileks dan segar. Kamu juga akan mendapatkan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh dan untuk transmisi kerja saraf dengan otot.

Waktu yang dianjurkan tidak boleh lewat dari pukul 10 pagi dengan durasi kira-kira 15 menit.

Naik turun tangga rumah

Rumah kamu berlantai 2 atau lebih? Memanfaatkan tangga rumah sebagai sarana olahraga dengan cara menaiki dan menuruninya sebagai latihan fisik. JIka dilakukan secara terus menerus dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Turun dan naiklah tangga selama 20 menit, namun jangan paksakan diri jika kamu sudah merasa sangat lelah. Hentikan segera dan lakukan dengan menaikkan durasi  secara bertahap di hari berikutnya

Naik turun kursi

Jika rumahmu tidak berlantai 2, jangan berkecil hati. Kamu dapat mengganti gerakan naik turun tangga dengan naik turun kursi. Siapkan kursi yang tingginya sesuai dengan kemampuan tubuhmu. Lakukan  dengan kaki telanjang tanpa alas untuk menghindari kaki terpeleset dan jatuh.

Sit up

Terbilang olahraga ringan yang tidak memerlukan banyak space untuk melakukannya. Sit up difokuskan pada otot perut dan pembentukannya. Gerakan sit up dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, mengurangi cedera pada pada punggung dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Banyak variasi gerakan sit up yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu melakukan gerakan yang sesuai dengan kemampuan tubuh agar tidak mengalami kecelakaan. 

Push up

Sama halnya dengan sit up, push up tidak memerlukan tempat luas. Push up yang dilakukan teratur akan membentuk otot lengan dan mengobati sakit pada punggung. Terdapat banyak macam gerakan yang bisa kamu lakukan. Untuk gerakan yang biasa dilakukan dengan bertumpu pada jari kaki dan kedua tangan lalu angkat seluruh tubuh, bagi laki – laki. Sedangkan untuk wanita melakukannya dengan lutut dan telapak tangan sebagai penopangnya. 

Yoga

Salah satu pilihan favorit yang bisa kamu lakukan di rumah untuk tetap tampil bugar dan sehat. Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu dapat melatih keseimbangan tubuh, mengatur pernafasan dengan baik sehingga berefek ketenangan dalam pikiran dan melatih kelenturan tubuh. 

Pilihlah gerakan yang mudah terlebih dahulu dengan meniru gerakan pada video yang tersedia. Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi DOOgether yang secara gratis dapat kamu temukan di situs https://doogether.id atau kamu juga bisa unduh dengan mudah aplikasinya pada Google Play Store dan Apple App Store untuk menonton video yang tersedia yang dipandu oleh instruktur berpengalaman!

Read More!

Related Posts

Kelas Aman, Seru, dan Taat Protokol

3 min read Selama hampir dua tahun seluruh dunia telah terkena dampak berat dari pandemi virus COVID-19. Pandemi ini telah menghambat aktivitas keseharian masyarakat, serta menimbulkan histeria massa

Tetap Fit Walaupun Sibuk Menjaga Buah Hati

2 min read Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diterapkan secara rutin. Nah, apalagi kalau menjadi seorang ibu, yang